Hubungan Kemampuan Memahami Teks Cerita Ulang dengan Keterampilan Memproduksi Teks Cerita Ulang Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman

Nurjanil, Nurjanil (2015) Hubungan Kemampuan Memahami Teks Cerita Ulang dengan Keterampilan Memproduksi Teks Cerita Ulang Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080044 NURJANIL_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-09-01T114305.617.pdf

Download (260kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V - 2020-09-01T114424.308.pdf

Download (149kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (95).pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hal berikut. Pertama, kurangnya minat siswa untuk membaca hal-hal yang berkaitan dengan teks cerita ulang. Kedua, siswa kesulitan dalam memahami penokohan, latar, dan alur yang terdapat dalam teks cerita ulang. Ketiga,kurangnya minat siswa dalam memproduksi eks cerita ulang. Keempat, siswa kurang mempunyai wawasan dalam mengungkapkan ide-ide ked alam bentuk teks cerita ulang. Kelima, siswa kesulitan memasukan penokohan, latar, dan alur dalam memproduksi teks cerita ulang. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan hubungan kemampuan memahami teks cerita ulang dengan keterampilan memproduksi teks cerita ulang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Teori dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan memproduksi. Kedua, keterampilan memproduksi teks cerita ulang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang hal berikut ini yaitu, (1) kemampuan memahami teks cerita ulang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ulakan Tapkis Kabupaten Padang Pariaman, (2) keterampilan memproduksi teks cerita ulang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman, dan (3) hubungan kemampuan memahami teks cerita ulang dengan keterampilan memproduksi teks cerita ulang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Pengumpulan data dilakukan melalui dua tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan memahami teks cerita ulang sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan memproduksi teks cerita ulang. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif sesuai dengan penerapan konsep penelitian korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan. Pertama, kemampuan memahami teks cerita ulang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 73.17. Kedua, keterampilan memproduksi teks cerita ulang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 73.34. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan memahami teks cerita ulang dengan keterampilan memproduksi teks cerita ulang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman, dengan thitung yang diperoleh adalah 4.221 dan ttabel 1734 dengan nilai t untuk dk= n-2 (20-2=18) pada taraf signifikan 95% dalam arti thitung lebih besar dari ttabel. Dengan artian H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan memahami khususnya memahami teks cerita ulang sangat berhubungan keterampilan memproduksi teks cerita ulang siswa. Semakin baik kemampuan siswa dalam memahami teks cerita ulang, maka semakin baik pula keterampilan siswa dalam memproduksi sebuah teks cerita ulang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:46
Last Modified: 01 Sep 2020 04:46
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9977

Actions (login required)

View Item View Item