Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ranah Pesisir dengan Menggunakan Teknik Pemodelan

Afri, Yulidia (2015) Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ranah Pesisir dengan Menggunakan Teknik Pemodelan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080068 AFRI YULIDIA_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (1).pdf

Download (251kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (2).pdf

Download (252kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (5).pdf

Download (260kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalahsiswa belum paham tentang konsep teks prosedur karena teks prosedur merupakan pembelajaran baru pada kurikulum 2013 dan masih banyak siswa yang belum memahami struktur teks prosedur dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanketerampilan menulis teks prosedur siswa kelas X SMA Negeri 1 Ranah Pesisir dengan Menggunakan Teknik Pemodelan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah hasil tes menulis teks prosedur dengan menggunakan teknik pemodelan yang dilakukan oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Tes ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas X SMA Negeri 1 Ranah Pesisir dengan menggunakan teknik pemodelan.Populasi penelitian ini adalah siswakelas X SMA Negeri 1 Ranah Pesisir, berjumlah 288 orang yang terdiri atas 9 kelas.Sampelpenelitianiniadalahsiswakelas X IS 4 yang terdiri atas 32 orang.Teknikpengambilansampel, yaituPurposive Sampling (yang mengambil sampel bukan didasarkan pada strata, random, atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu).Instrumenpenelitianiniadalahtesunjukkerja. Berdasarkan pembahasan dan analisis dataketerampilan menulis teks prosedur. Petama, sikap siswa dalam menulis teks prosedur dengan teknik pemodelan untuk aspek 1 (santun) termasuk dalam kriteria cukup baik-baik (CB-B), aspek 2 (jujur) dalam kriteria cukup baik-baik (CB-B), dan aspek 3 (tanggungjawab) dalam kriteria cukup baik-baik (CB-B). kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa untuk indikator 1 (judul) tergolong lebih dari cukup (LDC), dengan rata-rata kemampuan siswa 73,18%. Ketiga, keterampilan menulis teks prosedur siswa untuk indikator 2 (tujuan) baik (B), dengan rata-rata kemampuan siswa 81,40%. Keempat, keterampilan menulis teks prosedur siswa untuk indikator 3 (daftar bahan) tergolong cukup (C), dengan rata-rata kemampuan siswa 57,15%. Kelima, keterampilan menulis teks prosedur siswa untuk indikator 4 (tahapan pelaksanaan) baik (B), dengan rata-rata kemampuan siswa 76,21%. Keenam, keterampilan menulis teks prosedur siswa untuk gabungan keempat indikator tergolong lebih dari cukup (LDC), dengan rata-rata kemampuan siswa 71,75% berada pada rentangan 66—75%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:56
Last Modified: 01 Sep 2020 03:56
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9973

Actions (login required)

View Item View Item