Reinforcement Of Teacher-Students’ Interaction In Teaching English At Sma 9 Padang

Zulfitrina, Zulfitrina (2015) Reinforcement Of Teacher-Students’ Interaction In Teaching English At Sma 9 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10040019 ZULFITRINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-08T095158.042.pdf

Download (146kB)
[img] Text (Kesimpulan)
CHAPTER V - 2020-07-08T095229.351.pdf

Download (250kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
REFERENCES - 2020-07-08T095253.768.pdf

Download (365kB)

Abstract

Penguatan adalah respon yang diberikan oleh guru kepada muridnya ketika murid berinteraksi dengan gurunya didalam kelas seperti seorang murid menjawab pertanyan guru dan guru merespon jawaban murid tersebut. Tujuan guru menggunakan penguatan untuk membuat interaksi antara murid dan guru menarik dan hangat didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis penguatan yang digunakan oleh guru ketika berinteraksi dengan muridnya di dalam mengajar bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti manganalisa jenis penguatan berdasarkan teori Mangal and Uma. Ada dua jenis penguatan pada interaksi guru dan murid ketika mengajar bahasa Inggris yaitu: positive reinforcement and negative reinforcement. Penguatan positif dan negative mempunyai dua kategori yaitu: verbal and nonverbal. Peneliti juga ingin mengetahui apa jenis penguatan yang lebih sering digunakan oleh guru ketika mengajar bahasa Inggris di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Respondent pada penelitian ini adalah lima orang guru bahasa Inggris yang menggunakan reinforcement di SMA 9 Pasar Baru. Dalam pengambilan data, peneliti melakukan observasi dengan cara merekam penguatan yang digunakan guru ketika mengajar bahasa Inggris di kelas. Kemudian, peneliti juga membagikan angket pada lima respondent tersebut. Dari data yang diperoleh setelah peneliti melakukan observasi dan juga membagikan angket ditemukan bahwa kelima respondent tersebut sering menggunakan positive reinforcement like verbal and non verbal dan jarang menggunakan negative reinforcement like verbal and nonverbal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 31 Aug 2020 08:00
Last Modified: 31 Aug 2020 08:00
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9968

Actions (login required)

View Item View Item