Self Efficacy Of English Student-Teachers Of Stkip Pgri Sumbar During Teaching Practice At Vocational High Schools In Padang

Yurniza, Oktavia (2015) Self Efficacy Of English Student-Teachers Of Stkip Pgri Sumbar During Teaching Practice At Vocational High Schools In Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10040256 YURNIZA OKTAVIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-08T094845.237.pdf

Download (146kB)
[img] Text (Kesimpulan)
CHAPTER V - 2020-07-08T094922.563.pdf

Download (256kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
REFERENCES - 2020-07-08T094947.249.pdf

Download (377kB)

Abstract

Efikasi diri atau keyakinan seorang guru atas kemampuannya sendiri untuk mengorganisasi dan memutuskan langkah-langkah yang diperlukan agar berhasil memenuhi suatu tugas pengajaran diketahui mempengaruhi usaha seorang guru dalam mengajar. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengetahui efikasi diri mahasiswa STKIP PGRI SUMBAR sebagai seorang guru dalam mengajar Bahasa Inggris selama mengikuti program Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) di SMKN se kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan data diperoleh dari semua mahasiswa jurusan Bahasa Inggris STKIP PGRI SUMBAR yang mengambil mata kuliah PLK pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 orang. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuisioner dan melakukan interview terhadap guru PLK. Hasil analisa data dari kuisioner membuktikan bahwa guru PLK bahasa Inggris memiliki efikasi diri yang tinggi dalam mengajar Bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan persentase yang diperoleh dari kuisioner yaitu sebesar 77%. Hasil analisa data dari interview juga menyatakan bahwa mahasiswa PKL Bahasa Inggris memiliki persepsi yang tinggi bahwa mereka bisa mengajar Bahasa Inggris dengan baik. Kemudian, ada 3 indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat efikasi diri seorang guru dalam mengajar, yaitu students engagement, instructional strategies dan classroom management. Meskipun tingkat pengaruh yang diberikan oleh ketiga indikator hanya berbeda tipis, peneliti menemukan bahwa classroom management adalah aspek yang paling mempengaruhi tingkat keyakinan diri seorang guru PLK dalam mengajar Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 31 Aug 2020 07:54
Last Modified: 31 Aug 2020 07:54
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9966

Actions (login required)

View Item View Item