Perilaku Masyarakat dalam Penanggulangan Pembuangan Sampah di Aliran Sungai Batang Lembang Kenagarian Salayo Tanang Bukit Sileh Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok.

Wendra, Wendra (2017) Perilaku Masyarakat dalam Penanggulangan Pembuangan Sampah di Aliran Sungai Batang Lembang Kenagarian Salayo Tanang Bukit Sileh Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13030009 WENDRA oke.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data, menganalisis data dan mengetahui tentang Perilaku masyarakat dalam penanggulangan pembuangan sampah di aliran Sungai Batang Lembang Kenagarian Salayo Tanang Bukit Sileh Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok dilihat dari pengetahuan, perilaku dan kebijakan pemerintahan nagari dalam menjaga kebersihan sungai Batang Lembang. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah masyarakat yang bertempat tinggal di Kenagarian Salayo Tanang Bukit Sileh yang berjumlah 1.802 KK. Sampel penelitian diambil dengan dua cara, pertama sampel wilayah dengan teknik purposive sampling yaitu menunjuk Jorong Simpang, Jorong Data, Jorong Lakuek dengan alasan berada di bantaran sungai Batang Lembang, memanfaatkan aliran sungai dan belum ada tempat khusus pembuangan sampah. Sampel responden diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan proporsi 20% sehingga sampel berjumlah 103 KK. Analisa yang digunakan adalah statistik Deskriptif dengan memakai formula Persentase. Penentuan tingkat partisipasi masyarakat dengan menggunakan rumus kriterium. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) pengetahuan masyarakat tentang penanggulangan pembuangan sampah di aliran sungai Batang Lembang di Kenagarian Salayo Tanang Bukit Sileh Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok termasuk sangat sbaik, 2) Perilaku masyarakat dalam penanggulangan pembuangan sampah di aliran sungai Batang Lembang Nagari Salayo Tanang Bukit Sileh Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok termasuk baik dan 3) kebijakan perintahan nagari dalam menjaga kebersihan sungai Batang Lembang di Kenagarian Salayo Tanang Bukit Sileh tergolong tidak baik. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa perilaku masyarakat dalam penanggulangan pembuangan sampah di aliran Sungai Batang Lembang Kenagarian Salayo Tanang Bukit Sileh Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok termasuk baik, walaupun belum ada kebijakan pemerintahan nagari dalam penanggulangan pembuangan sampah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Divisions: Program Studi > Pendidikan Geografi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 01 Aug 2018 07:19
Last Modified: 01 Aug 2018 07:19
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item View Item