Alih Fungsi Lahan Sawah Menjadi Tempat Usaha Sementara Dijorong Tiga Batur Kenagarian Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab.

Kafrinas, Kafrinas (2017) Alih Fungsi Lahan Sawah Menjadi Tempat Usaha Sementara Dijorong Tiga Batur Kenagarian Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12030063 KAFRINAS oke.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alih fungsi lahan sawah menjadi tempat usaha sementara di jorong Tiga Batur kenagarian Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab, dilihat dari : 1) Motivasi masyarakat, 2) Pendapat masyarakat, dan 3) Kondisi penghasilan masyarakat. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan gambaran tentang alih fungsi lahan di masyarakat Jorong Tiga Batur Kenagarian Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Jorong Tiga Batur Kenagarian Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab. Informan penelitian ini adalah berbagai kalangan masyarakat di Jorong Tiga Batur Kenagarian Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab yang meliputi orang yang melakukan alih fungsi lahan dan masyarakat yang berpendapat tentang alih fungsi lahan. Penarikan sampel di lakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, pencatatan di lapangan dan pemotretan. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi data Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1),motivasi masyarakat jorong Tiga Batur Kenagarian Sungai Tarab mengubah atau mengalih fungsikan lahan sawah menjadi lahan usaha dikarena besarnya biaya kebutuhan hidup sehari-hari dan karena keinginan mereka untuk meningkatkan taraf hidup mereka agar menjadi leih baik. (2) pendapat masyarakat sendiri dengan adanya alih fngsi lahan ini merupakan sebuah fenomena perkembangan pola pikir masyarakat untuk berusaha meningkatkan taraf kehidupan mereka. Dari sekian pendapat ada yang setuju dan ada pula yang tidak setuju. (3) pendapatan yang dihasilkan masyarakat pun juga bervariasi, namun jika dibandingkan dengan menggarap sebuah sawah hasil yang dihasilkan jauh lebih baik dan juga cukup menjanjikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Geografi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:38
Last Modified: 01 Aug 2018 03:38
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item