Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Pekerjaan Orang Tua, dan Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 11 Padang

Indah, Mustika Andini (2015) Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Pekerjaan Orang Tua, dan Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 11 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10090184 INDAH MUSTIKA ANDINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-17T095025.083.pdf

Download (152kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (82).pdf

Download (166kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - 2020-07-17T095116.168.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan orang tua, pekerjaan orang tua, dan pendidikan orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa XI IPS di SMA N 11 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Tempat penelitian di SMA N 11 Padang yang beralamat di Jalan Raya Padang-Painan Km.20 Kelurahan Bungus Selatan-Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 11 Padang yang berjumlah 64 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji normalitas, uji hesteroskedastisitas, uji ramsey dan uji likelihood dengan bantuan program Eviews 6 dan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendapatan orangtua terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai koefisien regresi sebesar 0,070 dan nilai thitung sebesar 2,962 > ttabel sebesar 1,67022 dengan nilai signifikan (0,004 < = 0,05) berarti Ha diterima dan Ho ditolak. 2)Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pekerjaan orangtua dengan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai koefisien regresi sebesar 0,040 dan nilai thitung sebesar 3,769 > ttabel sebesar 1,67022 dengan nilai signifikan (0,000 < = 0,05,) berarti Ha diterima dan Ho ditolak. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai koefisien regresi sebesar 0,293 dan nilai thitung sebesar 10,210 > ttabel sebesar 1,67022 dengan nilai signifikan (0,000 < = 0,05) berarti Ha diterima dan Ho ditolak. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendapatan, pekerjaan dan pendidikan orangtua berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar Ekonomi kelas XI SMA N 11 Padang. Hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung 41,669 > Ftabel 2,76 dan nilai signifikan (0,000 < = 0,05), hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sumbangan yang diberikan pendapatan, pekerjaan dan pendidikan orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA N 11 Padang adalah 0,676 atau 67,6%. Berdasarkan hasil tersebut disarankan agar orang tua siswa lebih memperhatikan anaknya mengenai masalah kependidikannya, agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar, pendapatan orang tua, pekerjaan orang tua dan pendidikan orang tua

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 30 Jul 2020 08:03
Last Modified: 30 Jul 2020 08:06
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9132

Actions (login required)

View Item View Item