Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas Guru dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas XII IPS SMA N 3 Lengayang

Fitri, Yeni (2015) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas Guru dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas XII IPS SMA N 3 Lengayang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
100900084 FITRI YENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-16T154414.619.pdf

Download (253kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (77).pdf

Download (164kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - 2020-07-16T154505.248.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS pada mata pelajaran Akuntansi di SMA N 3 Lengayang, 2) Pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS pada mata pelajaran Akuntansi di SMA N 3 Lengayang, 3) Pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS pada mata pelajaran Akuntansi di SMA N 3 Lengayang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif berbentuk hubungan kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA N 3 Lengayang berjumlah 66 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling dengan jumlah sampel sebanyak jumlah populasi yaitu 66 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji maximun likelihood, uji ramsey, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi dan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMA N 3 Lengayang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,977. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 13,473 > ttabel 1,669 dengan nilai signifikan 0,000 < a=0,05 maka tolak Ho dan terima Ha. Artinya apabila persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru meningkat 1 satuan maka hasil belajar akuntansi siswa juga meningkat sebesar 0,977. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMA N 3 Lengayang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,234. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,349 > ttabel 1,669 dengan nilai signifikan 0,022 < a=0,05 maka tolak Ho dan terima Ha. Artinya apabila disiplin belajar meningkat 1 satuan maka hasil belajar akuntansi juga meningkat sebesar 0,234. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama–sama antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru dan disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA N 3 Lengayang. Dimana diperoleh nilai Fhitung 95,769 > Ftabel 3,14 dan nilai signifikan 0,000 > a=0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa pengelolaan kelas guru dan disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas XII IPS SMA N 3 Lengayang, untuk itu disarankan kepada pihak sekolah, orang tua siswa serta siswa sendiri agar dapat lebih memperhatikan lagi kedisiplinan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:10
Last Modified: 30 Jul 2020 04:10
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9123

Actions (login required)

View Item View Item