Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Teknik Mengembangkan Kalimat Topik Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan

Winda, Yulia Putri (2015) Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Teknik Mengembangkan Kalimat Topik Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080129 WINDA YULIA PUTRI-min.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (95).pdf

Download (148kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (74).pdf

Download (149kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (58).pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini dibelatarbelakangi oleh empat hal sebagai berikut. Pertama, siswa kurang berminat menulis teks eksposisi. Kedua, siswa kurang mampu menulis teks eskposisi dengan benar. Ketiga, siswa kurang mampu menggunakan pilihan kata yang tepat. Keempat, kurang tepatnya penggunaan tanda baca dalam tulisan yang dihasilkan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Teknik Mengembangkan Kalimat Topik Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah hasil tes menulis teks eksposisi dengan menggunakan teknik mengembangkan kalimat topik siswa kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 239 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik acak (proportional random sampling) yaitu berdasarkan proporsi jumlah siswa per kelas. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh hasil keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan teknik mengembangkan kalimat topik siswa kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan berdasarkan kelima indikator yang teliti yaitu. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa untuk indikator 1 (judul) tergolong baik (B), dengan rata-rata 77,18 yang teradapat pada rentangan 76-85%. Kedua, keterampilan menulis teks eskposisi siswa untuk indikator 2 (pernyataan pendapat/tesis) tergolong baik (B), dengan rata-rata 85,09 yang terdapat pada rentangan 76-85%. Ketiga, keterampilan menulis teks eksposisi siswa untuk indikator 3 (argumentasi) tergolong lebih dari cukup (LDC), dengan rata-rata 73,69 yang terdapat pada rentangan 66-75%. Keempat, keterampilan menulis teks eksposisi siswa untuk indikator 4 (pernyataan ulang pendapat) tergolong lebih dari cukup (LDC), dengan rata-rata 71,93 yang terdapat pada rentangan 66-75%. Kelima, keterampialn menulis teks eksposisi siswa untuk indikator 5 (konjungsi) tergolong baik (B), dengan rata-rata 83,34 yang teradapat pada rentangan 76-85%. Keenam, keterampilan menulis teks eksposisi siswa untuk gabungan kelima indikator tergolong baik (B), dengan rata-rata 78,42 yang terdapat pada rentangan 76-85%. Kata kunci: menulis teks eksposisi, kalimat topik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:07
Last Modified: 30 Jul 2020 04:07
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9122

Actions (login required)

View Item View Item