Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP N 15 sijunjung

Esi, Susanti (2015) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP N 15 sijunjung. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10090016 ESI SUSANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-16T154242.142.pdf

Download (10kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (76).pdf

Download (164kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - 2020-07-16T154317.081.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh tingkat pendidikan orang tua, pendapatan orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP N 15 Sijunjung. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari di SMP N 15 Sijunjung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif berbentuk hubungan kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 15 Sijunjung berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan orang tua siswa terhadap Prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP N 15 Sijunjung. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai koefisien sebesar 0,118. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,378 > ttabel sebesar 1,685 dengan nilai signifikan 0,023 < = 0,05. )) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendapatan orang tua terhadap hasil Prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP N 15 Sijunjung. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil koefisien sebesar 0.172. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,361 > ttabel sebesar 1,685 dengan nilai signifikan 0,002 < = 0,05. ) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Minat Belajar terhadap Prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP N 15 Sijunjung. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil koefisien sebesar 0,243. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,546 > ttabel sebesar 1,685 dengan nilai signifikan 0,001 < = 0,05. ) Terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama antara tingkat pendidikan orang tua, pendapatan orang tua dan Minat belajar terhadap Prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP N 15 Sijunjung. Dimana diperoleh nilai Fhitung sebesar 35,712> Ftabel sebesar 2,83dan nilai signifikan 0,000 < = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada orang tua siswa supaya memperhatikan dan membimbing aktivitas belajar anak di rumah sehingga mereka dapat mengatur waktu untuk belajar agar prestasi belajar anak disekolah dapat meningkat, dan memenuhi segala kebutuhannya, agar tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:59
Last Modified: 30 Jul 2020 03:59
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9121

Actions (login required)

View Item View Item