Pengaruh Komunikasi Orang Tua Anak dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP N 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat

Dinul, Farisa (2015) Pengaruh Komunikasi Orang Tua Anak dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP N 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10090179 DINUL FARISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-16T153254.500.pdf

Download (101kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V - 2020-07-16T153358.290.pdf

Download (154kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - 2020-07-16T153422.015.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh komunikasi orang tua-anak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP N 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. 2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP N 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. 3) pengaruh komunikasi orang tua-anak dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP N 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian adalah Deskriptif dan Asosiatif. Populasi penelitian ini adalah jumlah siswa kelas VIII. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proposional Random Sampling, yang berjumlah 130 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Variabel Komunikasi orang tua-anak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Beremas. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa nilai koefisien regresi sebesar 2,492 dan nilai thitung(13,374) > ttabel(1,9788) artinya Ho1 ditolak Ha1 diterima. 2) Variabel Lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Beremas. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa nilai koefisien regresi sebesar 0,535 dan nilai thitung(4,771) > ttabel(1,9788) artinya Ho2 ditolak Ha2 diterima. 3) komunikasi orang tua-anak dan lingkungan keluarga berpengaruh positif secara simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Beremas. Dimana nilai Fhitung (148,633) > dari Ftabel (3,91) dan Sig (0,000) < Alpha (0,05) artinya H03 ditolak dan Ha3 diterima 70,1% hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Beremas dipengaruhi variabel komunikasi orang tua-anak dan lingkungan keluarga sedangkan sisanya 20,9% dijelas oleh sebab-sebab lain yang ada di luar penelitian. saran sebagai berikut 1) Dari hasil penelitian tentang komunikasi orang tua-anak yang harus ditingkatkan dan diperhatikan oleh orang tua dan anak yaitu supaya lebih dapat mempergunakan waktu luang untuk berkomunikasi tentang pelajaran IPS Terpadu dengan sebaik-baiknya supaya hubungan orang tua dan anak tetap terjalin harmonis dan anak dapat belajar pelajaran IPS Terpadu dengan baik 2) Dari hasil penelitian tentang lingkungan keluarga yang harus diperhatikan oleh keluarga yaitu suasana rumah, dimana suasana rumah harus lebih ditata rapi lagi dan harus bersih sehingga anak dapat termotivasi lagi untuk dapat belajar pelajaran IPS Terpadu 3) Selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu hasil belajar siswa kelas VIII, diharapkan pihak sekolah dapat lebih membantu siswa kelas VIII untuk lebih giat lagi dalam belajar terutama pelajaran IPS Terpadu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:31
Last Modified: 30 Jul 2020 03:31
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9117

Actions (login required)

View Item View Item