Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Sma Pgri 1 Padang

Delvina, Delvina (2015) Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Sma Pgri 1 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10090106 DELVINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-16T145046.141.pdf

Download (254kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (69).pdf

Download (161kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - 2020-07-16T145143.564.pdf

Download (161kB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Ekonomi kelas X di SMA PGRI 1 Padang. Adapun variabel penelitian ini adalah lingkungan keluarga dan motivasi belajar (sebagai variabel bebas) dan hasil belajar (sebagai variabel terikat). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, pengaruh adalah lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara parsial dan secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif asosiatif, penelitian deskriptif merupakan salah satu bentuk penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan peristiwa atau variabel-variabel dalam penelitian, dengan pendekatan korelasional dan metode yang digunakan metode kuantitatif. Tempat penelitian di SMA PGRI 1 Padang. Adapun yang menjadi responden pada penelitian ini sebanyak 195 orang siswa dan jumlah sampel yang diambil adalah 132 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung sebesar 4,886 > ttabel sebesar 1,6565 dengan nilai sig < α (0,000 < 0,05). 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung sebesar 5,623 > ttabel sebesar 1,6565 dengan nilai sig < α (0,000 < 0,05). 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar Ekonomi kelas X di SMA PGRI 1 Padang. Hal ini dibuktikan dari nilai 152,295 > Ftabel 3,06 nilai sig < α (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, meningkatkan hasil belajar siswa dapat diupayakan dengan meningkatkan indikator dari variabel lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:43
Last Modified: 30 Jul 2020 02:43
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9112

Actions (login required)

View Item View Item