Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN I Sungai Rumbai

Ceria, Mahesa (2015) Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN I Sungai Rumbai. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10090005 CERIA MAHESA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-16T142031.504.pdf

Download (150kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V - 2020-07-16T142201.935.pdf

Download (158kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - 2020-07-16T142305.112.pdf

Download (362kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMAN 1 Sungai Rumbai, 2) Pengaruh Kemandirian belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMAN 1 Sungai Rumbai, 3) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMAN 1 Sungai Rumbai, 4) Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMAN 1 Sungai Rumbai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sungai Rumbai sebanyak 161 orang. Teknik pengambilan sampel dengan sistematika dengan jumlah sampel sebanyak 115 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan program SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X dimana nilai thitung > ttabel (8,240 > 1,658). Artinya apabila lingkungan keluarga baik, maka hasil belajar yang dipeoleh akan baik juga. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel (5,061 > 1,658). Artinya apabila kemandirian belajar baik, maka hasil belajar yang diperoleh akan baik juga. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X dimana nilai thitung > ttabel (2,293 > 1,658). Artinya apabila minat belajar baik, maka hasil belajar yang diperoleh akan baik juga. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara lingkungan keluarga, kemandirian belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMAN 1 Sungai Rumbai pada tahun ajaran 2014/2015 berdasarkan hasil analisis data Fhitung > Ftabel (149,283 > 2,68) dan R Square 0,796. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diharapkan untuk keluarga lebih memperhatikan aktivitas anak dirumah, lebih termotivasi dalam belajar sehingga minat belajar meningkat. Selain itu disarankan kepada siswa supaya meningkatkan kemandirian belajar dan minat belajar, sehingga hasil belajar akan tercapai dengan baik sesuai dengan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:33
Last Modified: 30 Jul 2020 02:33
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9109

Actions (login required)

View Item View Item