Pengaruh Kemandirian Dan Disiplin Belajar Terhadap Karakter Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya

Mitra, Mulya (2018) Pengaruh Kemandirian Dan Disiplin Belajar Terhadap Karakter Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
mitra yulia skripsi_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-27T091819.056.pdf

Download (148kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V - 2020-07-27T091901.665.pdf

Download (261kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - 2020-07-27T091921.753.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemandirian dan disiplin belajar dan karakter siswa, kurang baiknya karakter siswa kelas X SMA Negeri 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Hal ini disebabkan oleh berapa faktor diantaranya, kurangnya kemauan sendiri dalam belajar serta tidak bertanggung dalam tugas-tugas yang diberikan dan tidak mematuhi kegiatan proses pembelajaran disekolah hal ini tentu mempunyai pengaruh terhadap karakter siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan besarnya pengaruh kemandirian dan disiplin belajar terhadap karakter siswa kelas X SMA Negeri 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya 2017/2018 yaitu sebanyak 73 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Instrumen penelitian menggunakan data angket. Analisis data menggunakan: analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat: (1) Terdapat pengaruh signifikan yang positif antara kemandirian terhadap karakter siswa dengan koefisien korelasi R sebesar 0,682 dan nilai thitung 7,862 dengan signifikansi 0,000 sehingga dapat dikatakan signifikan < dari 0,05 (0,000 < 0,05). (2) Terdapat pengaruh signifikan yang positif antara disiplin belajar terhadap karakter siswa dengan koefisien R sebesar 0,741< thitung 9,292 dengan signifikansi 0,000 sehingga dapat dikatakan signifikan < dari 0,05 (0,000 < 0,05). (3) Terdapat pengaruh signifikan yang positif antara kemandirian dan disiplin belajar terhadap karakter siswa dengan koefesien korelasi R sebesar 0,785 nilai Fhitung sebesar 56,059 dan sig sebesar 0,000. Dengan nilai Ftabel sebesar 3,130 maka diketahui nilai Fhitung (56,059) > dari Ftabel (3,130) dan sig (0,000) < dari alpha (0,05)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:51
Last Modified: 29 Jul 2020 04:51
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9099

Actions (login required)

View Item View Item