Pengaruh Penguatan Guru Dan Fasilitas Belajar Di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI Di SMK N 4 Sijunjung

Aeni, Aeni (2015) Pengaruh Penguatan Guru Dan Fasilitas Belajar Di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI Di SMK N 4 Sijunjung. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10090093 AENI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-15T142151.648.pdf

Download (10kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN - 2020-07-29T112019.614.pdf

Download (161kB)
[img] Text (Dafrar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - 2020-07-15T142244.851.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas XI di SMK N 4 Sijunjung. Hal ini disebabkan karena penguatan guru dan fasilitas belajar di sekolah yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguatan guru dan fasilitas belajar di sekolah secara simultan terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI di SMK N 4 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK N 4 Sijunjung, tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel mnggunakan teknik simple proportional random sampling, data penelitian dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan realibilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif, dan induktif, melalui analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penguatan guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI SMK N 4 Sijunjung,. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi variabel penguatan guru (XI) sebesar 1,115 dan nilai thitung (18,776) > ttabel (1,664), berarti Ha diterima Ho ditolak. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI SMK N 4 Sijunjung. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi variabel fasilitas belajar disekolah (X2) sebesar 0,333 dan nilai thitung (4,845) > ttabel (1,664) berarti Ha di terima dan Ho ditolak. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penguatan guru dan fasilitas belajar di sekolah secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI SMK N 4 Sijunjung. Dengan nilai thitung (197,411) > ttabel (1,664) dan sig (0,000) < Alpha (0,05). Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Penguatan Guru, Fasilitas Belajar, Dan Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:34
Last Modified: 29 Jul 2020 04:34
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9097

Actions (login required)

View Item View Item