Kemampuan Menulis Laporan Siswa Kelas VIII MTsN Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat Menggunakan Teknik Memerikan

Yuliana, Yuliana (2015) Kemampuan Menulis Laporan Siswa Kelas VIII MTsN Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat Menggunakan Teknik Memerikan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080062 YULIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-06-15T153252.463.pdf

Download (254kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (80).pdf

Download (257kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (61).pdf

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hal-hal sebagai berikut. Pertama, siswa kurang mampu mengembangkan kerangka laporan ke dalam beberapa paragraf dengan bahasa baku. Kedua, kalimat siswa sering berulang-ulang dan berbelit-belit. Ketiga, penggunaaan EYD yang tidak tepat. Keempat, siswa kesulitan mendeskripsikan hasil pengamatan dalam bentuk tulisan. Kelima, tulisan laporan siswa tidak bisa dipahami pembaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis laporan siswa kelas VIII MTsN Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat menggunakan teknik memerikan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 251 orang yang tersebar dalam delapan kelas yang terdaftar pada tahun 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling, yaitu mengambil secara acak berdasarkan proporsi jumlah siswa per kelas sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 40 orang (15% x jumlah populasi per kelas). Instrumen penelitian ini adalah menggunakan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis laporan siswa kelas VIII MTsN Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat menggunakan teknik memerikan adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan siswa untuk indikator 1 (mengungkapkan keterangan secara lengkap) dalam menulis laporan berada pada kualifikasi baik sekali dengan rata-rata penguasaan 91 pada rentangan 86−95%. Kedua, kemampuan siswa untuk indikator 2 (objektif, apa adanya) dalam menulis laporan berada pada kualifikasi sempurna dengan rata-rata penguasaan 99 pada rentangan 96−100%. Ketiga, kemampuan siswa untuk indikator 3 (tidak memasukkan unsur pendapat pribadi) dalam menulis laporan berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata penguasaan 82 pada rentangan 76−85%. Keempat, kemampuan siswa untuk indikator 4 (disajikan seacara sistematis berdasarkan urutan peristiwa) dalam menulis laporan berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata penguasaan 84 pada rentangan 76−85%. Kelima, kemampuan siswa untuk indikator 5 (menggunakan bahasa baku) dalam menulis laporan berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata penguasaan 68 pada rentangan 66−75%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis laporan siswa kelas VIII MTsN Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat menggunakan teknik memerikan untuk keseluruhan indikator tergolong baik (B) dengan rata-rata 83 berada pada rentangan 76−85%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:43
Last Modified: 29 Jul 2020 03:43
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9093

Actions (login required)

View Item View Item