Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan Menggunakan Media Gambar Berseri

Yasmi, Putri Marfarizky (2015) Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080231 YASMI PUTRI MARFARIZKY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (97).pdf

Download (242kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (76).pdf

Download (150kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (59).pdf

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga alasan, Pertama, pembelajaran menulis cerpen kurang menarik bagi siswa. Kedua, siswa kurang mampu dalam memahami struktur teks cerpen. dan, Ketiga, siswa kurang memahami tentang konsep teks cerpen dengan benar karena pembelajaran ini merupakan pembelajaran baru pada kurikulum 2013. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan menggunakan media gambar berseri. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 256 orang yang tersebar dalam 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling yaitu penarikan sampel berdasarkan proporsi jumlah siswa per kelas. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 32 orang siswa yang diambil sebanyak 13% dari jumlah populasi per kelas. Data penelitian ini berupa hasil tes menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara memberikan tes unjuk kerja kepada siswa untuk mengetahui berapa jumlah skor dan nilai siswa dalam menulis teks cerpen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut Pertama, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan menggunakan gambar berseri untuk indikator 1 (struktur orientasi) tergolong baik (B) dengan mean 85,42 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (76-85%). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan menggunakan media gambar berseri untuk indikator 2 (komplikasi) Baik sekali (BS) dengan mean 91,67 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (86-95%). Ketiga, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan menggunakan media gambar berseri untuk indikator 3 (struktur resolusi) tergolong Baik sekali (BS) dengan mean 90,62 yang terdapat pada tingkat penguasaan (86-95%). Dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan menggunakan media gambar berseri memperoleh nilai rata-rata 89,25 berada pada kualifikasi Baik sekali (BS) sesuai dengan ketiga indikator.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:46
Last Modified: 29 Jul 2020 02:46
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9089

Actions (login required)

View Item View Item