Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP N 10 Padang Memerankan Drama Salah Menuduh Karya Yuliarni

Yanda, Maya Sari (2015) Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP N 10 Padang Memerankan Drama Salah Menuduh Karya Yuliarni. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080091 YANDA MAYA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (96).pdf

Download (252kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (75).pdf

Download (250kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN (1).pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hal-hal sebagai berikut; (1) siswa masih takut dan merasa malu jika dimintai untuk memerankan drama dalam forum resmi seperti di kelas; (2) siswa masih kurang memahami unsur-unsur yang membangun sebuah drama; dan (3) guru kurang membiasakan siswa dalam pementasan drama sehingga siswa kurang terbiasa tampil ke depan dalam memerankan drama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 10 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 170 siswa yang tersebar dalam 5 kelas. Sampel diambil dengan teknik proporsional random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak berdasarkan jumlah siswa perkelas, yaitu sebanyak 35 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap kemampuan siswa kelas VIII SMP N 10 Padang memerankan drama Salah Menuduh karya Yuliarni, dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Siswa SMP N 10 Padang Memerankan Drama Salah Menuduh Karya Yuliarni berada pada taraf kualifikasi lebih dari cukup karena, mean berada pada tingkat penguasaan 66—75% pada skala 10 dengan nilai rata-rata 75,42 dibulatkan menjadi 75. Berdasarkan indikator, maka dapat di ambil kesimpulan nilai rata-rata siswa pada masing-masing indikator berikut ini. Pada indikator Gestur tingkat penguasaan atau kemampuan siswa memerankan drama tergolong Lebih dari Cukup karena, mean berada pada tingkat penguasaan 66—75% pada skala 10 dengan nilai rata-rata 70. Pada indikator Bloking tingkat penguasaan atau kemampuan siswa memerankan drama tergolong Lebih dari Cukup karena, mean berada pada tingkat penguasaan 66—75% pada skala 10 dengan nilai rata-rata 70. Pada indikator Tenaga Vokal tingkat penguasaan atau kemampuan siswa memerankan drama tergolong Lebih dari Cukup karena, mean berada pada pada tingkat penguasaan 66—75% pada skala 10 dengan nilai rata-rata 70. Pada indikator Intonasi tingkat penguasaan atau kemampuan siswa dalam memerankan drama tergolong Lebih dari Cukup karena, mean berada pada tingkat penguasaan 66—75% pada skala 10 dengan nilai rata-rata 70. Pada indikator Ekspresi tingkat penguasaan atau kemampuan siswa dalam memerankan drama tergolong Lebih dari Cukup karena, mean berada pada tingkat penguasaan 66—75% pada skala 10 dengan nilai rata-rata 69.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:39
Last Modified: 29 Jul 2020 02:42
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9088

Actions (login required)

View Item View Item