Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan Menggunakan Teknik Menjawab Pertanyaan

Wike, Yunetri (2015) Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan Menggunakan Teknik Menjawab Pertanyaan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
09080195 WIKE YUNETRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (94).pdf

Download (250kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan (17).pdf

Download (243kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (32).pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini dibelatarbelakangi oleh empat hal sebagai berikut. Pertama, kurangnya minat siswa dalam membaca. Kedua, kurangnya variasi teknik pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran memahami bacaan. Ketiga, kurangnya kemampuan siswa dalam memahami isi yang ada dalam bacaan. Keempat, kurangnya kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang dalam memahami bacaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang tahun pelajaran 2014 - 2015. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang dengan teknik proportional random sampling. Data penelitian adalah hasil kemampuan memahami bacaan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan teknik menjawab pertanyaan berdasarkan dua indikator yaitu pengetahuan dan pemahaman. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa, Pertama, kemampuan memahami bacaan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan teknik menjawab pertanyaan berdasarkan indikator pengetahuan tergolong sangat baik (SB) dengan nilai rata-rata 95 yang berada pada rentangan 86 – 95%. Kedua, kemampuan memahami bacaan dengan menggunakan teknik menjawab pertanyaan berdasarkan indikator pemahaman tergolong baik (SB) dengan nilai rata-rata 82 yang berada pada rentangan 76 – 85%. Ketiga, kemampuan memahami bacaan dengan menggunakan teknik menjawab pertanyaan untuk kedua indikator tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata 90 yang berada pada rentangan nilai 86 – 95%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:28
Last Modified: 29 Jul 2020 02:28
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9087

Actions (login required)

View Item View Item