Keterampilan Berwawancara dengan Menggunakan Teknik Pemodelan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan

Widia, Afri Wulandari (2015) Keterampilan Berwawancara dengan Menggunakan Teknik Pemodelan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080333 WIDIA AFRI WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (93).pdf

Download (249kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (73).pdf

Download (251kB)
[img] Text (Dafrar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (57).pdf

Download (392kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah keterampilan berwawancara siswa kelas VIII SMP N 4 Solok Selatan masih rendah. Rendahnya keterampilan berwawancara siswa tersebut disebabkan oleh penerapan teknik pembelajaran yang kurang tepat dalam pembelajaran berwawancara yang mengakibatkan waktu praktik berwawancara lebih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai tingkat keterampilan berwawancara dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan yang dibatasi pada berikut: (1) aspek kebahasaan, yaitu: ketepatan ucapan dan keefektifan kalimat, dan (2) aspek nonkebahasaan, yaitu: kelancaran dan sikap. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan tahun pelajaran 2013/2014 adalah 185 orang yang tersebar dalam enam kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik penyampelan secara acak (propotional random sampling), yaitu 10% dari populasi, sehingga sampel berjumlah 18 orang siswa. Data penelitian berupa hasil belajar siswa dalam berwawancara dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Dari analisis data hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan berwawancara dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan untuk indikator ketepatan ucapan tergolong baik (B), dengan mean 80, yang terdapat pada rentangan 76−85%, Kedua keterampilan berwawancara dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan untuk indikator keefektifan kalimat tergolong baik (B), dengan mean, yang 85 terdapat pada rentangan 76−85%, Ketiga, keterampilan berwawancara dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan untuk indikator kelancaran tergolong baik sekali (BS), dengan mean 94, yang terdapat pada rentangan 86−95%, Keempat, keterampilan berwawancara dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan untuk indikator sikap tergolong baik sekali (B), dengan mean 93, yang terdapat pada rentangan 86−95%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berwawancara dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan untuk keempat indikator tergolong baik (BS), dengan mean 88, yang terdapat pada rentangan 86−95%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:26
Last Modified: 29 Jul 2020 02:26
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9086

Actions (login required)

View Item View Item