Kemampuan Menulis Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padang

Vera, Susanti (2015) Kemampuan Menulis Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
09080372 VERA SUSANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (91).pdf

Download (253kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan (15).pdf

Download (248kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (56).pdf

Download (258kB)

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini yaitu (1) siswa sulit menemukan gagasan atau ide yang akan ditulis, (2) siswa kurang mampu mengembangkan ide dan gagasannya dalam menulis, (3) keterampilan siswa dalam mengarang narasi sugestif masih kurang, siswa belum mampu melakukan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis narasi sugestif dengan menggunakan media gambar berseri siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang. Kajian teori yang digunakan adalah (1) hakikat menulis, (2) hakikat narasi, (3) batasan media pembelajaran, (4) media gambar berseri, (5) langkah-langkah menulis narasi menggunakan media gambar berseri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif.Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah propotional random sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan jumlah proporsi siswa per kelas.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014-2015 berjumlah 287 yang tersebar dalam 9 kelas.Sampel penelitian ini berjumlah 45 orang (15% x jumlah siswa per kelas).Data penelitian ini diperoleh melalui tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis narasi dengan menggunakan media gambar berseri siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang tergolong lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata 67 berada pada rentangan 66 – 75%. Selanjutnya kemampuan menulis narasi dengan menggunakan media gambar berseri siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang ditinjau dari (1) menggambarkan alur tergolong lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata penguasaan siswa sebesar 71 berada pada rentangan 66 –75% (2) menggambarkan penokohan tegolong baik (B) dengan rata-rata penguasaan siswa sebesar 77 berada pada rentangan 76 – 85%, (3) melukiskan latar tergolong lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata penguasaan siswa sebesar 69 berada pada rentangan 66 – 75%, (4) penggunaan sudut pandang tergolong hampir cukup (HC) dengan rata-rata penguasaan siswa sebesar 53 berada pada rentangan 46 – 55 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:19
Last Modified: 29 Jul 2020 02:19
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9084

Actions (login required)

View Item View Item