Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Media Bagan Arus Siswa Kelas X SMA PGRI 2 Padang

Tria, Angraini Putri (2015) Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Media Bagan Arus Siswa Kelas X SMA PGRI 2 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080093 TRIA ANGRAINI PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (89).pdf

Download (252kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (71).pdf

Download (256kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (55).pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat membaca siswa masih kurang maksimal sehingga berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur, kurangnya pengetahuan siswa terhadap materi yang dipelajari, yaitu materi tentang menulis teks prosedur, materi teks prosedur masih terbilang baru, siswa kesulitan menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan ciri kebahasaan dengan baik, disebabkan kerena guru tidak ada menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan media bagan arus siswa kelas X SMA PGRI 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PGRI 2 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Porpusive Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan tes kepada siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan media bagan arus siswa kelas X SMA PGRI 2 Padang tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata hitung 86,11 berada pada rentangan 86-95%. Hasil analisis untuk perindikator dapat diketahui sebagai berikut. Pertama, untuk indikator 1 (judul) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata hitung 94,45 berada pada rentangan (86-95%) pada skala 10. Kedua, untuk indikator 2 (Tujuan) tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata hitung 68,90 berada pada rentangan (66-75%) pada skala 10. Ketiga, untuk indikator 3 (bahan/alat) tergolong sempurna (S) dengan rata-rata hitung 96,6 berada pada rentangan (96-100%) pada skala 10. Keempat, untuk indikator 4 (urutan/tahapan) tergolong baik (B) dengan rata-rata 84,45 berada pada rentangan (76-85%) pada skala 10. Kelima, sikap siswa dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan media bagan arus untuk aspek 1 (santun) termasuk dalam kriteria cukup baik−baik (CB−B), aspek 2 (jujur) dalam kriteria cukup baik−baik (CB−B), dan aspek 3 (tanggungjawab) dalam kriteria baik (B).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:12
Last Modified: 29 Jul 2020 02:12
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9082

Actions (login required)

View Item View Item