Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Quantum Writing Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pasaman

Tari, Yolanda (2015) Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Quantum Writing Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pasaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080094 TARI YOLANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (87).pdf

Download (148kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (69).pdf

Download (147kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (28).pdf

Download (151kB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah pertama, minat baca siswa masih kurang sehingga berpegaruh terhadap kemampuan menulisnya. Kedua, siswa masih kesulitan dalam merangkai ide-ide atau gagasan untuk menjadikanya dalam bentuk teks. Ketiga, kemampuan siswa terbatas dalam menulis teks eksposisi. Keempat, penggunaan tanda baca saat menulis masih belum optimal. Kelima, siswa sulit dalam menentukan topik. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi dengan menggunakan metode quatum writing siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pasaman yang terdaftar pada tahun 2014/2015 yang berjumlah 155 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik acak (proportional random sampling) yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan adalah teks unjuk kerja. Teknik pengumpulan data dengan cara memberi tes menulis teks eksposisi dengan menggunakan metode quatum writing. Teknik analisis data menggunakan skor penilaian rumus presentase dan skala. Berdasarkan pembahasan dan analisis data telah dilakukan mengenai kemampuan menulis teks eksposisi dengan menggunakan metode quantum writingsiswa kelas VII SMP Negeri 2 Pasaman diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Untuk penilaian sikap siswa dalam menulis teks eksposisi dengan menggunakan metode quatum writing untuk aspek 1 (santun) termasuk dalam kriteria CB-B, aspek 2 (jujur) dalam kriteria CB-B, dan aspek 3 (tanggung jawab) dalam kriteria B. Selanjutnya, untuk indikator 1 (judul) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata hitung 87,22 berada pada rentangan 86-95%. Untuk indikator 2, (penyataan pendapat) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata hitung 88,25 berada pada rentangan 86-95% pada skala 10. Untuk indikator 3 (argumentasi) tergolong baik dengan rata-rata hitung 76,51 berada pada rentangan 76-85% pada skala 10. Untuk indikator 4 (penegasan ulang pendapat) tergolong cukup (C) dengan rata-rata hitung 56,19 berada pada rentangan 56-65% pada skala 10.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:08
Last Modified: 29 Jul 2020 02:08
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9081

Actions (login required)

View Item View Item