Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri I Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan dengan Berbantuan Media Audio Visual

Sri, Manengsih (2015) Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri I Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan dengan Berbantuan Media Audio Visual. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080041 SRI MANENGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (85).pdf

Download (239kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (68).pdf

Download (150kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (54).pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: siswa kurang paham tentang konsep teks negosiasi karena ini merupakan pembelajaran baru di kurikulum 2013, masih ada siswa yang kurang memahami struktur teks negosiasi dengan benar, dan pengetahuan siswa dalam menuangkan ide dan gagasannya ke dalam bentuk teks negosiasi masih terbatas. Permasalahan yang dibahas bagaimanakah kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri I Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan dalam mendeskripsikan struktur negosiasi yaitu orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dengan berbantuan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah hasil tes menulis teks negosiasi siswa dengan berbantuan media audio visual yang dilakukan oleh siswa kelas X SMA Negeri I Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri I Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan dengan berbantuan media audio visual. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir, berjumlah 228 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling, yaitu mengambil secara acak berdasarkan proporsi jumlah siswa per kelas. sampel penelitian ini adalah 28 orang (10% x jumlah populasi per kelas). Berdasarkan pembahasan dan analisis data diperoleh hasil kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri I Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan dengan berbantuan media audio visual berdasarkan kelima indikator yang diteliti yaitu. Pertama, kemampun menulis teks negosiasi siswa untuk indikator 1 (orientasi) tergolong (baik) (B) dengan rata-rata hitung 78,53 berada pada rentangan 76-85% pada skala 10. Kedua, untuk indikator 2 (pengajuan) tergolong sempurna (S) dengan rata-rata 96,46 berada pada rentangan 96-100% pada skala 10. Ketiga, untuk indikator 3 (penawaran) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 92,92 berada pada rentangan 86-95% pada skala 10. Keempat, untuk indikaor 4 (Persetujuan) tergolong baik (B) dengan rata-rata 86,92 berada pada rentangan 84,57% pada skala 10. Kelima, untuk indikator 5 (Penutup) tergolong cukup (C) dengan rata-rata 63,03 berada pada rentangan 76-85%. Jadi keseluruhan indikator tergolong baik (B) dengan rata-rata hitung 83,42 berada pada rentangan 76,85%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:58
Last Modified: 29 Jul 2020 01:58
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9079

Actions (login required)

View Item View Item