Keterampilan Menulis Berita Berdasarkan Wawancara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan

Selvy, Wahyu Martha (2015) Keterampilan Menulis Berita Berdasarkan Wawancara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080139 SELVY WAHYU MARTHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (82).pdf

Download (147kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (65).pdf

Download (157kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (51).pdf

Download (259kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah (1) siswa kesulitan mengungkapkan ide saat menulis berita, (2) siswa belum mampu menulis berita terutama dalam unsur-unsur berita 5W+1H, (3) media yang diterapkan kurang menarik sehingga siswa monoton dalam pembelajaran menulis berita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis berita berdasarkan wawancara siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Penggunaan wawancara sebagai alat bantu diharapkan memberikan manfaat untuk siswa dalam menulis berita. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini memiliki satu variabel, yaitu keterampilan menulis berita berdasarkan wawancara siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan Proportional Random Sampling yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja menulis berita berdasarkan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis berita berdasarkan wawancara siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan adalah tergolong Baik (B) dengan penguasaan siswa 80,06. Keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan dilihat dari (1) indikator judul tergolong baik sekali (BS) dengan penguasaan siswa 93,82 (2) indikator what/apa tergolong Baik Sekali (BS) dengan penguasaan siswa 90,12, (3) indikator who/siapa tergolong Lebih dari Cukup (LdC) dengan penguasaan siswa 70,37, (4) indikator where/dimana tergolong Lebih dari Cukup (LdC) dengan penguasaan siswa 51,85, (5) indikator when/kapan tergolong Lebih dari Cukup (LdC), (6) indikator why/mengapa tergolong kurang (K) dengan penguasaan siswa 11,11, (7) indikator how/bagaimana tergolong Baik (B) dengan penguasaan siswa 79,01.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:49
Last Modified: 29 Jul 2020 01:49
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9076

Actions (login required)

View Item View Item