Keterampilan Menulis Teks Drama Pendek Berdasarkan Pengalaman Hidup dengan Menggunakan Teknik Pemodelan Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Sutera

Selvi, Desvo Frastika (2015) Keterampilan Menulis Teks Drama Pendek Berdasarkan Pengalaman Hidup dengan Menggunakan Teknik Pemodelan Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Sutera. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080351 SELVI DESVO FRASTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (80).pdf

Download (253kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (64).pdf

Download (247kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (50).pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai teks, siswa kurang memahami unsur-unsur drama, dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah keterampilan menulis teks drama pendek berdasarkan pengalaman hidup siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sutera dengan menggunakan teknik pemodelan? Tujuan penulisan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks drama pendek berdasarkan pengalaman hidup siswa kelas XI IPS, SMA Negeri 1 Sutera dengan menggunakan teknik pemodelan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah hasil tes menulis teks drama pendek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Sutera berjumlah 143 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI. IPS 1, XI. IPS 2, XI. IPS 3, dan XI. IPS 4 SMA N 1 Sutera berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik acak (propotional random sampling) yang cara penarikannya berdasarkan proporsi jumlah siswa per kelas (20%Xjumlah populasi perkelas) Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks drama pendek berdasarkan pengalaman hidup dengan menggunakan teknik pemodelan siswa untuk indikator tema tergolong lebih dari cukup (LDC), dengan rata-rata keterampilan siswa 72,68. Kedua, keterampilan menulis teks drama pendek berdasarkan pengalaman hidup dengan menggunakan teknik pemodelan siswa untuk indikator alur tergolong lebih dari cukup (LDC), dengan rata-rata keterampilan siswa 72,82. Ketiga, keterampilan menulis teks drama pendek berdasarkan pengalaman hidup dengan menggunakan teknik pemodelan siswa untuk indikator latar tergolong lebih dari cukup (LDC), dengan rata-rata keterampilan siswa 67,96. Keempat, keterampilan menulis teks drama pendek berdasarkan pengalaman dengan menggunakan teknik pemodelan siswa untuk indikator penokohan tergolong lebih dari cukup (LDC), dengan rata-rata keterampilan siswa 68,07. Kelima, keterampilan menulis teks drama pendek berdasarkan pengalaman dengan menggunakan teknik pemodelan siswa untuk indikator dialog baik (B), dengan rata-rata keterampilan siswa 76,43. Gabungan kelima indikator lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata 71,5 berada pada rentangan 66—75%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:44
Last Modified: 29 Jul 2020 01:44
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9075

Actions (login required)

View Item View Item