Kemampuan Mengidentifikasi kekurangan Teks Cerita Pendek dengan Menggunaka Teknik Cooperative Script Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Rizka, Febrina (2015) Kemampuan Mengidentifikasi kekurangan Teks Cerita Pendek dengan Menggunaka Teknik Cooperative Script Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080216 RISKA FEBRINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (74).pdf

Download (242kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (59).pdf

Download (148kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (45).pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kuranganya pemahaman siswa dalam mengidentifikasi kekurangan teks cerita pendek, siswa cenderung malas membaca, rasa ingintahu siswa masih kurang, kurangnya penyediaan buku-buku sastra di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi kekurangan teks cerita pendek dengan menggunakan teknik cooperative script siwa kelas VII SMP Negeri 12 Padang, ditinjau dari orientasi komplikasi, dan resolusi. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014, sebanyak 256 orang yang tersebar dalam 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling atau teknik persentase secara acak. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 32 orang siswa yang diambil sebanyak 12% dari jumlah populasi siswa per kelas. Data penelitian ini berupa hasil tes kemampuan mengidentifikasi kekurangan teks cerita pendek dengan menggunakan teknik cooperative script siswa kelas VII SMP Negeri 12 padang. Data penelitian dikumpulkan dengan cara memberikan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan, sebagai berikut. Pertama, kemampuan mengidentifikasi kekurangan teks terita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan menggunakan teknik cooperative script untuk indikator 1 (struktur orientasi) tergolong baik (B) dengan mean 84,35 yang berada pada rentangan tingkat penguasaan (76-85%). Kedua, kemampuan mengidentifikasi kekurangan teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan menggunakan teknik cooperative script untuk indikator 2 (struktur komplikasi) baik (B) dengan mean 76,05 yang berada pada rentangan tingkat penguasaan (76-85%). Ketiga, kemampuan mengidentifikasi kekurangan teks cerita pendek dengan menggunakan teknik cooperative script untuk indikator 3 (struktur resolusi) tergolong lebih dari cukup (Ldc) dengan mean 75,00 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (66-75%). Keempat, kemampuan mengidentifikasi kekurangan teks cerita pendek dengan menggunakan teknik cooperative script untuk gabungan ketiga indikator tergolong baik (B) dengan rata-rata kemampuan 78,48% berada pada rentangan 76-85%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 08:48
Last Modified: 28 Jul 2020 08:48
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9069

Actions (login required)

View Item View Item