Hubungan Keterampilan Menyimak Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang

Rini, Febrianti (2015) Hubungan Keterampilan Menyimak Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080237 RINI FEBRIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (73).pdf

Download (239kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (58).pdf

Download (153kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (44).pdf

Download (358kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterampilan menyimak teks cerpen, mendeskripsikan keterampilan menulis Teks Cerpen, dan mendeskripsikan hubungan keterampilan menyimak teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang yang terdatar pada tahun ajaran 2013/2014, sebanyak 202 orang yang tersebar dalam 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling atau teknik persentase secara acak. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 30 orang siswa yang diambil sebanyak 15% dari jumlah populasi siswa per kelas. Data penelitian ini berupa tes keterampilan menyimak teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan cara memberikan hasil tes objektif dan tes unjuk kepada siswa untuk mengetahui berapa jumlah skor dan nilai siswa dalam menyimak teks cerpen dan menulis teks cerpen. Hasil penelitian ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menyimak teks cerpen siswa kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan tingkat penguasaan 76-85% dengan rata-rata 75,86. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan tingkat penguasaan 76-85% dengan nilai rat-rata 75,86 Ketiga, hubungan keterampilan menyimak teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang karena nilai thitung (4,52) lebih dari ttabel (1,70) pada derajat kebebasan n-1 (29) dan taraf signifikan 95%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 08:45
Last Modified: 28 Jul 2020 08:45
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9068

Actions (login required)

View Item View Item