Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pagai Utara Selatan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Students Have (QSH)

Rika, Kumala Sari (2019) Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pagai Utara Selatan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Students Have (QSH). Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080092 RIKA KUMALA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (72).pdf

Download (148kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (57).pdf

Download (148kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (26).pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis teks deskripsi siswa masih kurang maksimal. Masalah yang ditemui adalah siswa merasa kesulitan dalam mengembangkan pikiran tentang rincian objek, siswa kurang mampu dalam menggugah imajinasi pembaca, kurang mampu mengungkapkan kalimat topik, dan dalam proses pengajaran guru tidak menggunakan media atau teknik pembelajaran, guru hanya mendiktekan atau memberikan catatan mengenai materi pelajaran dan kurang memberikan penjelasan materi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagai Utara Selatan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Question Students Have (QSH). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagai Utara Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu propotional random sampling atau teknik persentase secara acak. Sampel pada penelitian ini berjumlah 28 siswa yang diambil sebanyak 10% dari jumlah populasi siswa per kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan tes kepada siswa. Berdasarkan analisis data terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagai Utara Selatan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Question Students Have (QSH) dapat diketahui sebagai berikut. Pertama, untuk indikator 1 (judul) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata hitung 94,05 berada pada rentangan (86%-95%) pada skala 10. Kedua, untuk indikator 2 (pernyataan umum atau kalimat topik) tergolong sempurna (S) dengan rata-rata hitung 96,43 berada pada rentangan (96%-100%) pada skala 10. Ketiga, untuk indikator 3 (deskripsi) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata hitung 94,05 berada pada rentangan (86%-95%) pada skala 10. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagai Utara Selatan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Question Students Have (QSH) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata hitung (M) 94,85 yang berada pada rentangan 86-95% dan untuk sikap siswa pada aspek 1 (percaya diri) termasuk dalam kriteria cukup baik-baik (CB-B), aspek 2 (santun) dalam kriteria cukup baik-baik (CB-B), aspek 3 (toleransi) dalam kriteria cukup baik-baik (CB-B).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 08:42
Last Modified: 28 Jul 2020 08:42
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9067

Actions (login required)

View Item View Item