Upaya Guru BK dalam Mengembangkan Karakter Cerdas Peserta Didik di SMA N 1 Koto XI Tarusan

Yudi, Purnama (2015) Upaya Guru BK dalam Mengembangkan Karakter Cerdas Peserta Didik di SMA N 1 Koto XI Tarusan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
09060186 YUDI PURNAMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-13T083730.713.pdf

Download (211kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V - 2020-07-13T083812.493.pdf

Download (154kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (85).pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang penulis lakukan di SMA N 1 Koto XI Tarusan terlihat bahwa Guru BK sudah melakukan tindakan bagi kebanyakan siswa yang memiliki sikap dan perilaku tidak normatif dengan pemanggilan orang tua dan pemberian layanan konseling individual bahkan telah disusun program mengenai hal itu. Namun masih banyak siswa yang belum bisa berperilaku secara normatif, seperti masih ada siswa yang membolos di jam pelajaran, cabut pada saat upacara bendera, melakukan aksi ‘convoy’ sepeda motor yang acap kali meresahkan masyarakat setempat karena mengendarainya dengan kecepatan yang tinggi, serba serbi gaya pacaran para siswa, sampai kepada perilaku curang akademis, seperti mencontek. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan sejauh mana upaya perventif, upaya kuratif, dan upaya preseveratif yang dilakukan Guru BK dalam mengembangkan karakter cerdas peserta didik dilihat dari cara pemilihan topik, materi yang diberikan, media yang digunakan, pelaksanaanya, evaluasi, menganalisis dan tindak lanjutnya dalam mengembangkan karakter cerdas peserta didik melalui layanan informasi, konseling individual, dan bimbingan kelompok. Adapun yang menjadi informan penelitian adalah: 3 orang guru BK, dan informan pendukung 1 orang kepala sekolah. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, dan analisis deskriptif. Berdarakan hasil wawancara tentang upaya guru BK dalam mengembangkan karakter cerdas peserta didik di SMA N 1 Koto XI Tarusan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut mulai dari cara pemilihan topik, materi yang diberikan, media yang digunakan, pelaksanaanya, evaluasi, menganalisis dan tindak lanjutnya. Yang mana guru BK sudah melaksanakan layanan informasi, konseling individual, dan bimbingan kelompok secara sistematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 08:10
Last Modified: 28 Jul 2020 08:10
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9064

Actions (login required)

View Item View Item