Persepsi Peserta Didik tentang Guru BK dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Melalui Layanan Informasi di SMA Negeri 4 Sijunjung

Yoga, Saputra (2015) Persepsi Peserta Didik tentang Guru BK dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Melalui Layanan Informasi di SMA Negeri 4 Sijunjung. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10060241 YOGA SAPUTRA.pdf

Download (13MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-11T114442.570.pdf

Download (147kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (58).pdf

Download (155kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (89).pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena awal terlihat remaja memiliki perilaku yang berbeda-beda dalam kehidupan sehai-harinya, adanya terlihat dari masalah-masalah yang terjadi seperti, berpacaran di jam sekolah dan di luar sekolah, mengucapkan perkataan kotor yang tidak selayaknya diucapkan oleh peserta didik, karena menyimpang dari norma-norma kehidupan dan tata karma dalam kehidupan sehari-hari, mencoret-coret perkarang sekolah seperti dinding, meja dan kursi. Peserta didik menghancurkan tanaman. Berkelahi dengan teman satu sekolah dengan teman satu sekolah atau antar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Persepsi peserta didik tentang peran guru BK dalam mengatasi kenakalan remaja dilihat dari tingkah laku remaja yang merusak diri sendiri. 2) Persepsi peserta didik tentang peran guru BK dalam mengatasi kenakalan remaja dilihat dari tingkah laku remaja yang merusak orang lain. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan populasi peserta didik SMA Negeri 4 Sijunjung yang berjumlah 414 orang dan sampel 81 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik stratified simple random sampling. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket. Untuk mendeskripsikan data digunakan teknik analisis persentase. Secara khusus hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) persepsi remaja tentang peran guru BK dalam mengatasi kenakalan peserta didik melalui layanan informasi yang merusak diri sendiri di SMA Negeri 4 Sijunjung berada pada kategori baik dengan persentase 54,32%. 2) persepsi remaja tentang peran guru BK dalam mengatasi kenakalan peserta didik melalui layanan informasi di SMA Negeri 4 Sijunjung berada pada kategori sangat baik dengan persentase 43,21%. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk tetap menyampaikan layanan informasi sesuai kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 08:08
Last Modified: 28 Jul 2020 08:08
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9063

Actions (login required)

View Item View Item