Problematika Peserta Didik Dari Keluarga Broken Home di SMP Negeri 4 Sungai Abang Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo Propinsi Jambi

Tuti, Zuhermi (2015) Problematika Peserta Didik Dari Keluarga Broken Home di SMP Negeri 4 Sungai Abang Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo Propinsi Jambi. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
08060159 TUTI ZUHERMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-11T112329.444.pdf

Download (147kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V - 2020-07-11T112403.413.pdf

Download (14kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KEPUSTAKAAN (82).pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik dari keluarga broken home yang kurang memiliki rasa percaya diri untuk bergaul dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, merasa kehilangan kebahagian dalam keluarga, merasa ditinggalkan oleh orang-orang yang mereka sayangi, fokus penelitian ini adalah: masalah pribadi dan masalah sosial peserta didik dari keluarga broken home. Penelitian ini bertujuan untuk melihat problematika peserta didik dari keluarga broken home di SMP Negeri 4 Sungai Abang Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo Propinsi Jambi, dengan penelitian yaitu problematika peserta didik dari keluarga broken home. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan gejala-gejala, fakta dan realita yang ada di lapangan apa adanya tentang problematika peserta didik dari keluarga broken home. Adapun yang menjadi informan penelitian adalah: 3 orang peserta didik dari keluarga broken home, serta guru BK dan wali kelas. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa problematika peserta didik dari keluarga broken home. a. Masalah pribadi yang dilihat dari aspek: 1) Kurang disiplin, 2) Masih kurang mampu menghadapi situasi frustasi, dan 3) Kurang percaya diri. dalam penelitian ini ditemukan bahwa peserta didik bermasalah terhadap diri pribadi mereka. b. Masalah sosial yang dilihat dari aspek: 1) Kurang menyenangi kritikan orang lain, 2) Kurang bersosialisasi dalam kelas, dan 3) Kurang mampu mengendalikan diri dan mudah marah, dalam penelitian ini ditemukan bahwa peserta didik masih kurang dapat bersosialisasi dengan baik di lingkungannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 07:48
Last Modified: 28 Jul 2020 07:48
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9058

Actions (login required)

View Item View Item