Penyesuaian Diri Peserta Didik Tinggal Kelas terhadap Lingkungan Belajar (Studi di Kelas XI IPS.3 SMA ADABIAH 1 PADANG)

Rusda, Weni (2015) Penyesuaian Diri Peserta Didik Tinggal Kelas terhadap Lingkungan Belajar (Studi di Kelas XI IPS.3 SMA ADABIAH 1 PADANG). Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10060245 RUSDA WENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-11T111359.695.pdf

Download (146kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (52).pdf

Download (156kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (80).pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan di lapangan dimana adanya peserta didik yang sulit bersosialisasi dengan teman sekelasnya, adanya peserta didik yang sering keluar-masuk kelas saat jam pelajaran, adanya peserta didik yang merasa jenuh dengan tugas yang diberikan, Adanya peserta didik yang takut jika kehadirannya tidak diterima oleh teman-teman sekelasnya, adanya peserta didik yang merasa kesulitan untuk mendekatkan diri dengan guru yang ada di sekolah. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan penyesuaian diri peserta didik tinggal kelas terhadap lingkungan belajar (Studi di Kelas XI IPS.3 SMA ADABIAH 1 Padang), dengan penelitian yaitu penyesuaian diri peserta didik tinggal kelas terhadap lingkungan belajar dilihat dari aspek pribadi dan aspek sosial. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun yang menjadi informan penelitian adalah: 3 orang informan kunci yaitu peserta didik tinggal kelas dan 3 orang guru informan tambahan diantaranya guru mata pelajaran, guru BK dan wali kelas. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, ditemukan peserta didik tinggal kelas mampu menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan belajar dan teman baru peserta didik tinggal juga mampu bersosialisi dan aktif dalan berpartisipasi, disini peserta didik tinggal kelas belajar dari pengalamannya karena sudah pernah tinggal satu kali, untuk itu peserta didik tinggal kelas tersebut mampu merubah cara ia menyesuaiakan dirinya dengan teman maupun guru yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 07:34
Last Modified: 28 Jul 2020 07:34
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9055

Actions (login required)

View Item View Item