Profil Kepribadian Peserta Didik di Kelas X Dilihat dari Pendekatan Psikoanalisis di SMA Negeri 5 Padang

Rian, Oktari (2015) Profil Kepribadian Peserta Didik di Kelas X Dilihat dari Pendekatan Psikoanalisis di SMA Negeri 5 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10060128 RIAN OKTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-11T111128.743.pdf

Download (147kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (50).pdf

Download (157kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (78).pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang antara hasrat dasar yang ada pada dirinya tidak sesuai dengan sikap yang ditampilkan peserta didik tersebut serta tidak jarang sikap tersebut tidak sesuai dengan norma-norma, peraturan-peraturan yang berlaku di lingkungan tempat tinggal peserta didik tersebut. Dari latar belakang masalah tersebut, maka batasan masalah penelitian ini adalah: (1) Profil kepribadian peserta didik dilihat dari unsur Id (2) Profil kepribadian peserta didik dilihat dari unsur Ego (3) Profil kepribadian peserta didik dilihat dari unsur Superego. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 329 peserta didik yang tersebar kedalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 77 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik penarikan sampel secara proportional random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan analisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menemukan bahwa profil kepribadian peserta didik dilihat dari unsur Id, Ego dan Superego adalah unsur Idpeserta didik berada pada kategori sangat tinggi, unsur Ego peserta didik berada pada kategori tinggi, unsur Superego peserta didik berada pada kategori cukup tinggi dan tidak terdapat peserta didik yang berada pada kategori rendah dan sangat rendah. Berdasarkan hasil rekapitulasi data capaian responden berdasarkan indikator disimpulkan sebanyak 36 peserta didik berada pada kondisi Id yang tinggi, 62 peserta didik pada kondisi Ego yang tinggi dan 35 peserta didik berada pada Superego yang tinggi dalam berkepribadian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 07:23
Last Modified: 28 Jul 2020 07:23
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9053

Actions (login required)

View Item View Item