Hubungan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 6 Padang

Putri, Misdarly (2015) Hubungan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 6 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11060089 PUTRI MISDARLY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-11T110429.807.pdf

Download (10kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (47).pdf

Download (150kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (75).pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena peserta didik menunda pelaksanaan tugas akademik, kelambanan dan keterlambatan dalam mengerjakan tugas akademik, ketidaksesuaian antara rencana dan performansi aktual, dan melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan. Penundaan tugas tersebut adalah bentuk dari prokrastinasi akademik yang salah satunya dipengaruhi oleh rendahnya regulasi diri peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik peserta didik. Hipotesis penelitian ini adalah ada ubungan negatif antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas X di SMK Negeri 6 Padang. Sample penelitian adalah 79 orang yang ditarik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpul data digunakan angket, dan diolah dengan menggunakan analisis korelasi. Regulasi diri peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Padang dalam merespon skala regulasi diri berada pada kategori tinggi, yang diperkuat oleh mean skor peserta didik 54,77 berada pada posisi interval 53,3-64,6, median 54,00 berarti tinggi, skor mimimum 45, dan skor maksimum 70, standar deviasi 6,71. Prokrastinasi akademik berada pada kategori rendah yang diperkuat oleh mean skor peserta didik 65,44 berada pada posisi interval 49-66 dengan median 65,00 berarti tinggi, skor mimimum 39, dan skor maksimum 81, standar deviasi 9,74. Pengujian hipotesis digunakan teknik analisis korelasi product moment dari Pearson. Hasil analisis data diperoleh r sebesar -0,286 dan p=0,011 (p<0,05), sehingga hipotesis penelitian diterima. Artinya, ada hubungan yang negatif dan signifikan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik peserta didik kelas X di SMK Negeri 6 padang. Kata kunci : regulasi diri, prokrastinasi akademik, peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 07:14
Last Modified: 28 Jul 2020 07:14
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9050

Actions (login required)

View Item View Item