Nanda, Desrima (2015) Efektifitas Kurikulum 2013 dalam Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik di Kelas X SMA Semen Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.
![]() |
Text (Skripsi Lengkap)
11060074 NANDA DESRIMA.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-11T104015.362.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (44).pdf Download (164kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (72).pdf Download (360kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang belum mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya sesuai dengan konsep kurikulum 2013 yang menekankan pada pengembangan kompetensi peserta didik dan pendidikan karakter serta menciptakan peserta didik yang produktif, inovatif, dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) Efektifitas kurikulum 2013 dalam mengembangkan kompetensi sikap peserta didik di kelas X, 2) Efektifitas kurikulum 2013 dalam mengembangkan kompetensi keterampilan peserta didik di kelas X, 3) Efektifitas kurikulum 2013 dalam mengembangkan kompetensi pengetahuan peserta didik di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas X SMA Semen Padang yang berjumlah 210 orang peserta didik. Untuk penarikan sampel digunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 68 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisa data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Efektifitas kurikulum 2013 dalam mengembangkan kompetensi sikap peserta didik di kelas X SMA Semen Padang berada pada kategori efektif. 2) Efektifitas kurikulum 2013 dalam mengembangkan kompetensi keterampilan peserta didik di kelas X SMA Semen Padang berada pada kategori efektif, 3) Efektifitas kurikulum 2013 dalam mengembangkan kompetensi pengetahuan peserta didik di kelas X SMA Semen Padang berada pada kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada para guru untuk dapat melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik kompetensi peserta didik pada kurikulum 2013. Sehingga peserta didik dapat mengembangkan kompetensinya dengan efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Studi > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Novi Novi Fitri Ani |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 07:01 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 07:01 |
URI: | http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |