Permasalahan yang Dialami Peserta Didik Underachiever dan Implikasinya dalam Pelayanan BK (Studi Deskriptif pada Kelas X di SMA Adabiah 2 Padang)

Mezi, Aprilnayendi (2015) Permasalahan yang Dialami Peserta Didik Underachiever dan Implikasinya dalam Pelayanan BK (Studi Deskriptif pada Kelas X di SMA Adabiah 2 Padang). Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11060093 MEZI APRILNAYENDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-10T140559.065.pdf

Download (150kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (41).pdf

Download (273kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (69).pdf

Download (178kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah peserta didik underachiever. Peserta didik underachiever adalah peserta didik yang mengalami kesenjangan antara potensi dan prestasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan dalam proses belajar banyak peserta didik underachiever tidak fokus saat belajar, tidak mengerjakan tugas, mengganggu teman saat belajar, tidak mampu menjalin hubungan sosial yang baik dengan teman, memiliki konsep diri yang negatif serta tidak mampu berfikir dengan baik. Peserta didik underachiever belum mendapat perhatian dari guru BK yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan yang dialami peserta didik underachiever dan implikasinya dalam pelayanan BK. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Jumlah subjek penelitian sebanyak 11 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket. Sedangkan analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah: 1. Masalah pribadi yang dialami peserta didik underachiever terkategori cukup banyak masalah. 2. Masalah sosial terkategori banyak masalah. 3. Masalah akademik terkategori banyak masalah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peserta didik underachiever membutuhkan pelayanan dari pihak sekolah terutama guru BK, agar dapat membantu peserta didik underachiever mengembangkan potensinya secara optimal dan mampu mengarahkan dan mewujudkan diri secara efektif dan produktif sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:51
Last Modified: 28 Jul 2020 06:51
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9043

Actions (login required)

View Item View Item