Konsep Diri Peserta Didik Tinggal Kelas di SMA Negeri 1 Lubuk Basung

Meilando, Junardo (2015) Konsep Diri Peserta Didik Tinggal Kelas di SMA Negeri 1 Lubuk Basung. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10060227 MEILANDO JUNARDO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-10T135721.803.pdf

Download (147kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (40).pdf

Download (155kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (67).pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konsep diri peserta didik yang tinggal kelas di SMA Negeri 1 Lubuk Basung. Konsep diri adalah pandangan atau penilaian seseorang tentang dirinya sendiri baik menyangkut kognitif, emosional, dan sosial. Sekolah sebagai lembaga formal bertanggung jawab mengembangkan konsep diri peserta didik. Penelitian ini beranjak dari fenomena yang ada bahwa peserta didik tinggal kelas di SMA Negeri 1 Lubuk Basung memiliki konsep diri yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Konsep diri peserta didik tinggal kelas dilihat dari kognitif, 2) Konsep diri peserta didik tinggal kelas dilihat dari emosional, 3) Konsep diri Peserta didik tinggal kelas dilihat dari sosial Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik tinggal kelas di SMA Negeri 1 Lubuk Basung, yaitu: 43 peserta didik, teknik yang dipakai untuk menentukan sampel adalah total sampling yaitu sebanyak 43 peserta didik tinggal kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa secara umum konsep diri peserta didik tinggal kelas berada pada kriteria cukup baik dengan persentase 79,07% peserta didik dari hasil penelitian berdasarkan subvariabelnya, yaitu: 1) Konsep diri peserta didik tinggal kelas dilihat dari kognitif berada pada kriteria cukup baik. 2) Konsep diri peserta didik tinggal kelas dilihat dari emosional berada pada kriteria cukup baik, 3) Konsep diri peserta didik tinggal kelas dilihat dari sosial berada pada kriteria cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling agar lebih meningkatkan tentang konsep diri peserta didik tinggal kelas. Agar konsep diri peserta didik tinggal kelas berjalan lebih efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 04:47
Last Modified: 28 Jul 2020 04:47
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9040

Actions (login required)

View Item View Item