Peran Wali Kelas dalam Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 25 Padang

Mahdoni, Mahdoni (2015) Peran Wali Kelas dalam Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 25 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11060114 MAHDONI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-10T135505.383.pdf

Download (147kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (39).pdf

Download (162kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (66).pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena belum terlaksananya peran wali kelas dalam kegiatan bimbingan dan konseling secara optimal di sekolah. Berdasarkan kondisi tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran wali kelas dalam aspek: 1) Membantu guru BK melaksanakan tugas-tugasnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya, 2) Membantu guru mata pelajaran melaksanakan perannya dalam pelayanan BK, khususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya, 3) Membantu memberikan kesempatan kepada peserta didik, khususnya dikelas yang menjadi tanggung jawabnya untuk mengikuti dan menjalani kegiatan BK, 4) Berpartisipasi aktif dalam kegiatan khusus BK, seperti konferensi kasus, 5) Mengalihtangankan peserta didik yang memerlukan layanan BK kepada guru BK. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua wali kelas SMP Negeri 25 Padang. Sampel penelitian ditarik dengan menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpul data digunakan angket, dan diolah dengan menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian dapat digambarkan sebagai berikut: 1) Peran wali kelas dalam membantu guru BK melaksanakan tugas-tugasnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya berada pada kriteria sangat baik, 2) Peran wali kelas dalam membantu guru mata pelajaran melaksanakan perannya dalam pelayanan BK, khususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya, berada pada kriteria sangat baik, 3) peran wali kelas dalam membantu memberikan kesempatan kepada peserta didik, khususnya dikelas yang menjadi tanggung jawabnya untuk mengikuti dan menjalani kegiatan BK berada pada kriteria sangat baik, 4) Peran wali kelas dalam berpartisipasi aktif dalam kegiatan khusus BK, seperti konferensi kasus berada pada kriteria sangat baik, 5) peran wali kelas dalam mengalihtangankan peserta didik yang memerlukan layanan BK kepada guru BK berada pada kriteria sangat baik. Peran wali kelas dalam pelaksanaan kegiatan BK di SMP Negeri 25 Padang secara keseluruhan termasuk pada kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 04:27
Last Modified: 28 Jul 2020 04:27
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9039

Actions (login required)

View Item View Item