Mahdoni, Mahdoni (2015) Peran Wali Kelas dalam Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 25 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.
![]() |
Text (Skripsi Lengkap)
11060114 MAHDONI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-10T135505.383.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (39).pdf Download (162kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (66).pdf Download (155kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena belum terlaksananya peran wali kelas dalam kegiatan bimbingan dan konseling secara optimal di sekolah. Berdasarkan kondisi tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran wali kelas dalam aspek: 1) Membantu guru BK melaksanakan tugas-tugasnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya, 2) Membantu guru mata pelajaran melaksanakan perannya dalam pelayanan BK, khususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya, 3) Membantu memberikan kesempatan kepada peserta didik, khususnya dikelas yang menjadi tanggung jawabnya untuk mengikuti dan menjalani kegiatan BK, 4) Berpartisipasi aktif dalam kegiatan khusus BK, seperti konferensi kasus, 5) Mengalihtangankan peserta didik yang memerlukan layanan BK kepada guru BK. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua wali kelas SMP Negeri 25 Padang. Sampel penelitian ditarik dengan menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpul data digunakan angket, dan diolah dengan menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian dapat digambarkan sebagai berikut: 1) Peran wali kelas dalam membantu guru BK melaksanakan tugas-tugasnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya berada pada kriteria sangat baik, 2) Peran wali kelas dalam membantu guru mata pelajaran melaksanakan perannya dalam pelayanan BK, khususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya, berada pada kriteria sangat baik, 3) peran wali kelas dalam membantu memberikan kesempatan kepada peserta didik, khususnya dikelas yang menjadi tanggung jawabnya untuk mengikuti dan menjalani kegiatan BK berada pada kriteria sangat baik, 4) Peran wali kelas dalam berpartisipasi aktif dalam kegiatan khusus BK, seperti konferensi kasus berada pada kriteria sangat baik, 5) peran wali kelas dalam mengalihtangankan peserta didik yang memerlukan layanan BK kepada guru BK berada pada kriteria sangat baik. Peran wali kelas dalam pelaksanaan kegiatan BK di SMP Negeri 25 Padang secara keseluruhan termasuk pada kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Studi > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Novi Novi Fitri Ani |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 04:27 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 04:27 |
URI: | http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |