Penyesuaian Diri Peserta Didik dalam Belajar pada Peminatan MIA dan IIS di Kelas X SMA Negeri 6 Padang

M.Ilham, Firdana Kalfin (2015) Penyesuaian Diri Peserta Didik dalam Belajar pada Peminatan MIA dan IIS di Kelas X SMA Negeri 6 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11060288 M.ILHAM FIRDANA KALFIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-10T134746.791.pdf

Download (249kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (38).pdf

Download (256kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (65).pdf

Download (153kB)

Abstract

Penyesuaian diri dapat diartikan sebagai proses dinamik yang terus menerus guna mendapatkan hubungan yang sesuai antara diri dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penyesuaian diri peserta didik dalam belajar pada pemintan MIA dan IIS di kelas X SMA Negeri 6 Padang dan mendeskripsikan (1) penyesuaian diri peserta didik dalam belajar pada peminatan MIA di kelas X SMA Negeri 6 Padang, (2) penyesuaian diri peserta didik dalam belajar pada peminatan IIS di kelas X SMA Negeri 6 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berusaha menggambarkan tentang suatu keadaan apa adanya. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X pada peminatan MIA dan IIS SMA Negeri 6 Padang yang berjumlah 288 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Claster Random Sampling yaitu jumlah sampel pada masing-masing strata sebanding dengan jumlah anggota populasi pada masing-masing strata populasi. Dalam menentukan sampel peneliti merandom kelas peminatan MIA dan IIS masing-masing MIA berjumlah 5 kelas dan IIS berjumlah 4 kelas peneliti mengeluarkan 2 kelas dari peminatan MIA dan peminatan IIS untuk dijadikan sampel penelitian yang secara keseluruhan sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 128 orang sampel. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) penyesuaian diri peserta didik dalam belajar pada peminatan MIA di kelas X SMA Negeri 6 Padang berada pada kategori “mampu” menyesuaikan diri, (2) penyesuaian diri peserta didik dalam belajar pada peminatan IIS kelas X SMA Negeri 6 Padang berada pada kategori “mampu” menyesuaikan diri. Dapat disimpulkan peserta didik di kelas MIA dan IIS mampu menyesuaikan diri terhadap guru, terhadap mata pelajaran, terhadap teman sebaya dan terhadap lingkungan fisik dan sosial di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 04:24
Last Modified: 28 Jul 2020 04:24
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9038

Actions (login required)

View Item View Item