Hubungan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Hendri, Gusmulyadi (2015) Hubungan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10060123 HENDRI GUSMULYADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-09T145501.117.pdf

Download (149kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (92).pdf

Download (157kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (52).pdf

Download (155kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VIII yang masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Selain itu, masih ditemukan rendahnya daya serap peserta didik dalam menerima materi ajar, rendahnya partisipasi peserta didik dalam bertanya, rendahnya partisipasi peserta didik dalam memberikan ide serta gagasan dalam proses belajar mengajar, kurangnya kemauan peserta didik mendengarkan guru, peserta didik masih malas dalam mengerjakan tugas dan peserta didik masih kurang mampu dalam menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Gambaran aktivitas-aktivitas belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok (2) Gambaran hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok, dan (3) Hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 3 Lembah Gumanti yang berjumlah 127 orang dan sampel sebanyak 56 orang dengan kriteria pengambilan sampel proportiononal random sampling. Alat pengumpul data penelitian ini menggunakan angket. Data diolah dengan menggunakan teknik persentase, perhitungan kelas interval dan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Lembah Gumanti memberikan sumbangan terhadap hasil belajarnya yakni sebesar 49%. (2) Hasil belajar yang diperoleh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Lembah Gumanti masih rendah, dan (3) terdapat hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:39
Last Modified: 28 Jul 2020 01:39
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9029

Actions (login required)

View Item View Item