Peran Guru BK Dalam Bidang Pengembangan Kehidupan Keberagamaan Peserta Didik Di MTsN Model Padang

Firmansyah, Firmansyah (2015) Peran Guru BK Dalam Bidang Pengembangan Kehidupan Keberagamaan Peserta Didik Di MTsN Model Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10060232 FIRMANSYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-09T144834.514.pdf

Download (246kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (25).pdf

Download (267kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (50).pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dialami guru BK dalam bidang pengembangan kehidupan keberagamaan peserta didik di MTsN Model Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: peran guru BK dalam bidang pengembangan kehidupan keberagamaan peserta didik pada kebiasaan shalatnya, membaca Al-Qur’an, cara berpakaiannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dari sifat populasi tertentu dan mencoba menggambarkan fenomena secara detail. Dengan lokasi penelitian di MTsN Model Padang. Adapun yang menjadi informan penelitian adalah: guru BK dengan jumlah 2 orang, dan kepala sekolah, serta waka kurikulum sebagai informan tambahan. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil wawancara yang telah dianalisis mengungkapkan bahwa pada kebiasaan shalatnya, dapat dilakukan dengan tepat waktu dan berjamaah, dalam kelancaran shalat dapat dilihat dan ditinjau langsung serta melakukan pengawasan dan diberikan pengarahan agar peserta didik tidak ribut atau berbicara dan menanamkan komitmen dalam shalat dapat mengajaknya dimulai sejak kecil sehingga ketika dewasa akan terbawa dengan sendirinya. Pada membaca Al-Qur’an, menanamkan kebiasaan membaca Al-Qur’an dapat dilakukan setiap hari dengan menargetkannya beberapa halaman, dalam menanamkan memahami Al-Qur’an dapat belajar dan memahaminya terhadap apa yang telah dibacakan serta mengamalkannya. Pada cara berpakaian, dapat diberikan bimbingan dan pengajaran serta memberikan contoh dalam berpakaian yang baik, dalam berpakaian yang sesuai dengan aturan dapat dianjurkan sejak awal peserta didik masuk sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:48
Last Modified: 27 Jul 2020 08:48
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9024

Actions (login required)

View Item View Item