Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Konsep Diri Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang

Fesni, Citra Sari (2015) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Konsep Diri Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10060094 FESNI CITRA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-09T144634.598.pdf

Download (148kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (24).pdf

Download (258kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (49).pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh orang tua cenderung memberikan kebebasan penuh pada anak tanpa ada batasan dan aturan dari orang tua, tidak adanya hadiah ataupun pujian meski anak berperilaku sosial baik, tidak adanya hukuman meski anak melanggar peraturan. Sehubungan dengan pola asuh dan kaitannya dengan perkembangan konsep diri, pada usia remaja idealnya anak sudah mampu memahami dirinya secara utuh dengan berbagai kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya dan mampu menjalankan peran sebagai makhluk individual maupun makhluk sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Gambaran pola asuh orang tua peserta didik, (2) Gambaran konsep diri peserta didik di sekolah, (3) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap konsep diri peserta didik di SMP Negeri 20 Padang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan populasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Padang yang berjumlah 249 orang dan sampel 71 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik propotional random sampling. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket. Untuk menganalisis data pola asuh orang tua dan data konsep diri dengan menggunakan teknik analisis persentase, sedangkan pengujian hipotesis untuk melihat keeratan pengaruh pola asuh orang tua terhadap konsep diri dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana, perhitungannya menggunakan jasa komputer dengan bantuan program Microsoft Excel dan program SPSS versi 16.00. Hasil analisis data diperoleh: (1) Gambaran pola asuh orang tua berada pada kategori cukup baik, (2) Gambaran konsep diri peserta didik berada pada kategori cukup baik, (3) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap konsep diri didapatkan thitung sebesar 9,819 > dari rtabel sebesar 1,66 dengan taraf signifikan 0,000 (sig<0,05). Jadi hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap konsep diri peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 20 Padang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:45
Last Modified: 27 Jul 2020 08:45
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9023

Actions (login required)

View Item View Item