Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Kelas X di SMK Negeri 6 Padang

Debi, Agustin (2015) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Kelas X di SMK Negeri 6 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11060013 DEBI AGUSTIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK1 (1).pdf

Download (147kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (86).pdf

Download (306kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (45).pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya interaksi peserta didik yang negatif dengan teman sebaya sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh: 1) Imitasi terhadap hasil belajar kelas X di SMK Negeri 6 Padang, 2) Sugesti terhadap hasil belajar kelas X di SMK Negeri 6 Padang, 3) Identifikasi terhadap hasil belajar kelas X di SMK Negeri 6 Padang, 4) Simpati terhadap hasil belajar kelas X di SMK Negeri 6 Padang. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis statistik korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 385 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling. Jumlah sampel diperoleh sebanyak 79 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner untuk mengumpulkan data interaksi teman sebaya, sedangkan metode studi dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Uji coba dilakukan kepada 10 orang peserta didik kelas X di SMK Negeri 6 Padang. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan Microsoft Excel 2007 dan Statistical Program For Social Science (SPSS) Versi 18.00. Hasil penelitian Dari 79 responden ini ditemukan bahwa pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar adalah terdapat pengaruh dengan dengan nilai 0,232%, taraf signifikan 0,040<0,05. Selanjutnya pengaruh interaksi teman sebaya imitasi terhadap hasil belajar dengan nilai 0,308%, taraf signifikan 0,06<0,05, selanjutnnya pengaruh interaksi teman sebaya dalam sugesti dengan nilai 0,265%, taraf signifikan 0,018<0,05. Selanjutnya pengaruh interaksi teman sebaya dalam identifikasi dengan nilai 0,250%, taraf signifikan 0,026<0,05. Selanjutnya pengaruh interaksi teman sebaya dalam simpati dengan nilai 0,253%, taraf signifikan 0,025<0,05. R square dalam penelitian ini adalah sebanyak 0,016% yang berarti pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMK Negeri 6 Padang sebesar 1,6% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 27 Jul 2020 07:23
Last Modified: 27 Jul 2020 07:23
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9019

Actions (login required)

View Item View Item