Strategi Belajar Peserta Didik Berprestasi dari Keluarga Kurang Mampu di SMP Negeri 12 Padang

Cici, Oktavia (2015) Strategi Belajar Peserta Didik Berprestasi dari Keluarga Kurang Mampu di SMP Negeri 12 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11060040 CICI OKTAVIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-09T104845.516.pdf

Download (10kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (21).pdf

Download (166kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (44).pdf

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang berprestasi dari keluarga kurang mampu sedangkan peserta didik dari keluarga mampu tidak peduli dengan prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Strategi belajar peserta didik berprestasi dari keluarga kurang mampu dilihat dari strategi menghafal. (2) Strategi elaborasi. (3) Strategi organisasi. (4) Strategi metakognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang terdiri dari informan kunci dua orang peserta didik dan informan tambahan lima orang, yaitu guru BK, guru mata pelajaran/wali kelas, dan orang tua peserta didik. Data dikumpulkan melalui pedoman wawancara dan studi dokumentasi dengan analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian terungkap bahwa: 1) Strategi belajar peserta didik berprestasi dari keluarga kurang mampu dilihat dari strategi menghafal, diperoleh bahwa peserta didik memperhatikan dengan sungguh-sungguh, menggarisbawahi kata kunci, dan melingkari kata yang belum dipahami. 2) Strategi belajar peserta didik berprestasi dari keluarga kurang mampu dilihat dari strategi elaborasi, membandingkan, dan mengulang secara keseluruhan materi pelajaran. 3) Strategi belajar peserta didik berprestasi dari keluarga kurang mampu dilihat dari strategi organisasi mampu mengelompokkan kata-kata penting, dan mengkode kata yang belum dipahami. 4) Strategi belajar peserta didik berprestasi dari keluarga kurang mampu dilihat dari strategi metakognitif, peserta didik memahami dan bisa menggunakan strategi yang ada. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada Bapak/ibu guru untuk lebih meningkatkan prestasi belajar peserta didik di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 27 Jul 2020 07:13
Last Modified: 27 Jul 2020 07:13
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9017

Actions (login required)

View Item View Item