Persepsi Siswa tentang Peranan Guru BK di SMA Negeri 10 Sijunjung

Beni, Plantino (2015) Persepsi Siswa tentang Peranan Guru BK di SMA Negeri 10 Sijunjung. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10060103 BENI PLANTINO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-09T095558.183.pdf

Download (9kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN (20).pdf

Download (157kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (43).pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya Persepsi Siswa tentang Peranan Guru BK di SMA Negeri 10 Sijunjung. Berdasarkan pengalaman peneliti saat melaksanakan PPLBK Sekolah di SMA Negeri 10 Sijunjung pada semester ganjil Januari-Juni 2014, peneliti menemukan beberapa gejala tentang peranan guru BK serta pelaksanaannya yang masih belum berjalan secara maksimal. Seperti materi pelayanan yang diberikan guru BK belum menarik bagi siswa dalam memberikan layanan informasi, selain itu pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran juga belum berjalan dengan semestinya, dan pelayanan yang diberikan guru BK belum memperhatikan perbedaan individu. Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa tentang peranan guru BK di SMA Negeri 10 Sijunjung, khususnya pada layanan layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, dan layanan konseling perorangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa di SMA Negeri 10 Sijunjung yang berjumlah 280 orang. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Penelitian ini mengambil Siswa sebagai sampel penelitian yang dijadikan sebagai responden utama yang berjumlah 74 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitianini adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang peranan guru BK dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling dilihat dari layanan informasi berada pada kategori cukup baik. 2) Persepsi siswa tentang peranan guru BK dalam menyelenggarakan pelayanan penempatan dan penyaluran dilihat dari penempatan penjurusan dan penempatan tempat duduks iswa berada pada kategori cukup baik 3) Persepsi siswa tentang peranan guru BK dalam menyelenggarakan layanan konseling perorangan dilihat dari pengentasan masalah yang dialami oleh siswa berada pada kategori cukup baik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 27 Jul 2020 07:11
Last Modified: 27 Jul 2020 07:11
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9016

Actions (login required)

View Item View Item