Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VIII yang Mengalami Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) di SMP Negeri 17 Padang

Aidi, Aidi (2015) Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VIII yang Mengalami Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) di SMP Negeri 17 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10060007 AIDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-08T143433.868.pdf

Download (147kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V (84).pdf

Download (264kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN (2).pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan latar belakang yang penulis lihat di lapangan dalam buku kasus guru BK di sekolah SMP Negeri 17 Padang, ada peserta didik yang bermasalah terhadap orang tuanya, yang mengakibatkan rendahnya kepercayaan diri peserta didik dalam belajar, menampilkan sikap agresif sesama temanya, suka menyendiri, serta dari angket yang penulis berikan kepada peserta didik terlihat dari beberapa peserta didik yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), berdasarkan hal tersebut penulis mengangkat permasalahan penelitian tentang: Kepercayaan diri peserta didik yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di SMP Negeri 17 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) mandiri, (2) tidak membandingkan diri dengan orang lain, (3) aktif, (4) yakin akan kemampuan diri, (5) mampu melaksanakan tugas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik yang pernah melaksanakan konseling perorangan,dan melaksanakan konseling lainnya kepada guru BK di SMP Negeri 17 Padang, serta angket yang penulis berikan kepada peserta didik, yaitu sebanyak 29 peserta didik dinyatakan mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) setelah disebarkan angket sederhana kepada peserta didik, teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel adalah total sampling. Sampel diambil sebanyak 29 orang peserta didik yang berada kelas VIII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian kepercayaan diri peserta didik yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), secara umum menyatakan banyak terdapat baik, serta masih ada juga dikategori cukup baik, dari cukup baik belum bisa dikatakan baik. Hasil penelitian berdasarkan sub variabelnya, yaitu: 1) mandiri dikategori baik 51,72%, 2) tidak membandingkan diri dengan orang lain dikategori baik 62,07%, 3) aktif dikategori baik 51,72%, 4) yakin akan kemampuan diri dikategori baik 72,41%, 5) mampu melaksanakan tugas dikategori baik 86,21%. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan kepada guru kelas, guru BK dan orang tua agar bisa memberikan bimbingan kepada peserta didik, agar peserta didik lebih percaya diri dalam belajar maupun bergaul dengan teman-temannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 27 Jul 2020 07:04
Last Modified: 27 Jul 2020 07:04
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9014

Actions (login required)

View Item View Item