Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Keterampilan Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Hesti, Lukmana (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Keterampilan Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
SKRIPSI HESTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - 2020-07-27T093403.823.pdf

Download (254kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V - 2020-07-27T093429.003.pdf

Download (261kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka - 2020-07-27T094240.671.pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide pokok menjadi sebuah tulisan teks eksplanasi kompleks. Kedua, siswa mengalami kesulitan dalam menemukan urutan peristiwa dalam teks eksplanasi kompleks. Ketiga, dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa kurang memahami mengenai struktur teks eksplanasi kompleks. Keempat, siswa sulit menemukan judul yang akan dijadikan teks eksplanasi kompleks karena kurangnya latihan yang diberikan oleh guru. Kelima, siswa sulit mengekspresikan pendapat mereka ke dalam bentuk kalimat-kalimat yang dijadikan teks eksplanasi kompleks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap keterampilan memproduksi teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dan menggunakan rancangan Posstest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 175 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, berjumlah 26 orang pada kelas kontrol dan berjumlah 27 orang pada kelas eksperimen. Variabel pada penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing variabel bebas dan memproduksi teks eksplanasi kompleks variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor keterapilan memproduksi teks eksplanasi kompleks siswa tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Berdasarkan analisis data dapat diketahui. Pertama, keterampilan memproduksi teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing memperoleh nilai rata-rata sebesar 62,49% berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup (C). Kedua, keterampilan memproduksi teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing memperoleh nilai 79,32% berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap keterampilan memproduksi teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya karena thitung˃ttabel yaitu 2,02˃1,67.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:53
Last Modified: 27 Jul 2020 03:53
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9006

Actions (login required)

View Item View Item