Pengaruh Penggunaan Model Brain Writing terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 3 Kota Padang

Riska, Atika Sari Hasibuan (2018) Pengaruh Penggunaan Model Brain Writing terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 3 Kota Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14080150-RISKA ATIKA SARI HASIBUAN (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK1 (66).pdf

Download (151kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN - 2020-07-27T094930.494.pdf

Download (151kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - 2020-07-27T094912.300.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga permasalahan yaitu sebagai berikut. Pertama, siswa kesulitan dalam menulis teks eksplanasi. Kedua, siswa kesulitan dalam menentukan sebab dan akibat dalam teks eksplanasi. Ketiga, siswa kesulitan dalam merangkai kata-kata. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 3 Kota Padang tanpa menggunakan model brain writing. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 3 Kota Padang dengan menggunakan model brain writing. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model brain writing terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 3 Kota Padang. Jenis penelitan ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen. Jenis rancangan The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Kota Padang yang terdaftar pada tahun 2017/2018 yang terdiri dari 9 kelas dan jumlah 271 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik Purposive Sampling yang menjadi sampel adalah kelas XI IIS 1 yang berjumlah 33 siswa dan XI IIS 3 yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja menulis teks eksplanasi tanpa dan dengan menggunakan model Brain Writing. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap yaitu tanpa dan dengan menggunakan model Brain Writing. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, tingkat kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 3 Kota Padang tanpa menggunakan model Brain Writing memperoleh nilai rata-rata 68,43 dengan tingkat penguasaan 66%-75% yaitu Cukup. Kedua, tingkat kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model Brain Writing siswa kelas XI MAN 3 Kota Padang memperoleh nilai rata-rata 82,06 dengan tingkat penguasaan 76%-85% yaitu Baik. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan model Brain Writing siswa kelas XI MAN 3 Kota Padang karena thitung>ttabel (5,17>1,67).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:36
Last Modified: 27 Jul 2020 03:36
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9001

Actions (login required)

View Item View Item