Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru, Disiplin Belajar, Keaktifan Siswa dan Lingkungan Sekolah terhadap Kepuasan Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok

Deni, Marlina (2018) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru, Disiplin Belajar, Keaktifan Siswa dan Lingkungan Sekolah terhadap Kepuasan Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14090191-DENI MARLINA (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text (Abstrak)
1. abstrak DENI.pdf

Download (371kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB V - 2020-07-27T095422.446.pdf

Download (415kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - 2020-07-27T095440.632.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap kepuasan belajar, 2) pengaruh disiplin belajar terhadap kepuasan belajar, 3) pengaruh keaktifan siswa terhadap kepuasan belajar, 4) pengaruh lingkungan sekolah terhadap kepuasan belajar, 5) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru, disiplin belajar, keaktifan siswa dan lingkungan sekolah secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2018. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 1 Pantai Cermin berjumlah 160 orang. Teknik penarikan sampelnya yaitu stratified random sampling sebanyak 85 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap kepuasan belajar IPS siswa kelas VIII di SMP N 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok dengan nilai koefisien sebesar 0,206. Nilai ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,542 > ttabel sebesar 1,98 dengan nilai signifikan 0,001<

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:19
Last Modified: 27 Jul 2020 03:19
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8997

Actions (login required)

View Item View Item